Cegah Wabah DBD, RSUD Depok Gelar Seminar

Cegah Wabah DBD, RSUD Depok Gelar Seminar

HarianDepok.com – Berita , Peningakatan jumlah penderita Demam Berdarah Dengue yang ada di kota Depok dalam beberapa bulan belakangan ini disikapi oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Depok dengan menggelar acara seminar kesehatan masyarakat awam yang dilaksanakan di Aula Teratai, Gedung Balaikota Depok belum lama ini.

Acara seminar yang bertajuk ‘Pengenalan dan Penatalaksanaan Demam Berdarah Dengue (DBD)’ kali ini tidak hanya menghadirkan para pejabat saja, namun di acara seminar ini dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari sejumlah elemen terkait seperti ASN, pihak Puskesmas, Kader Puskesmas, LSM dan masyarakat umum.

Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Dewi Damayanti mengatakan bahwa diselenggarakannya acara seminar kali ini selain untuk meningkatkan wawasan masyarakat dan para petugas terkait dalam pemberantasan serta penanganan DBD di wilayahnya juga dimaksudkan untuk memperingati HUT kota Depok yang ke 17 dan HUT RSUD Depok yang ke 8.

“Acara ini sudah masuk ke dalan beberapa rangkaian acara yang sudah kami agendakan sebelumnya,” tuturnya kepada rekan wartawan dilapangan usai acara seminar tersebut dilangsungkan, Minggu (01/05/2016).

Ia mengungkapkan bahwa acara seminar yang berkaitan erat dengan pengentasan dan pengendalian DBD ini dikarenakan oleh adanya peningkatan kasus DBD yang terjadi di kota Depok dalam beberapa bulan belakangan ini sehingga membuat sejumlah pihak terkait berupaya keras melakukan pembenahan dan peningkatan wawasan seperti acara seminar yang diselenggarakannya kali ini.

“Merujuk kepada data yang kami miliki, bahwa pada tahun 2015 kemarin, kota Depok mendapatkan kasus DBD sebanyak 50 persen dari total jumlah keseluruhan kasus DBD yang terjadi saat ini. Karena di tahun ini kasus DBD semakin meningkat, maka daripada itulah kami lebih meningkatkan upaya pembenahan dengan cara menggelar acara seminar seperti ini,” ungkapnya.

Dengan diselenggarakannya acara seminar seperti ini, diharapkannya dapat membantu masyarakat luas khususnya kota Depok agar tahu dan mengerti proses perkembangan, perkembang biakkan dan penularan DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk agar dapat menekan dan mencegah salah satu penyakit berbahaya ini.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)