Jumlah Calon Siswa Polisi di Depok Menurun

Jumlah Calon Siswa Polisi di Depok Menurun

HarianDepok.com – Berita , Jajaran Polresta Depok saat ini telah menerima pendaftaran siswa siswi polisi untuk tahun angkatan 2016 ini. Namun, jumlahnya kali ini telah mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Pasalnya penurunan jumlah tersebut dikarenakan oleh adanya permasalahan domisili tetap yang telah ditentukan dalam pendaftarannya.

“Di tahun 2016 ini, kami mengirimkan calon siswa baru ke Polda Metro Jaya dengan jumlah sebanyak 966 siswa yang secara keseluruhannya mereka itu terdiri dari Akpol sebanyak 87 pendaftar, Brigadir Umum sebanyak 714 pendaftar, Tamtama sebanyak 152 dan Brigadir khusus sebanyak 13 pendaftar,” tutur Kabag Sumda Polresta Depok, AKP Tri Susiani, Minggu (01/05/2016).

Dari penjelasannya, di tahun 2016 ini baru ada penjurusan lulusan sarjana yang bisa mengikuti dan mendaftar menjadi Brigadir Khusus (Brigsus) yang dimana pada tahun sebelumnya belum diadakan dan yang ada hanyalah Brigadir Umum yang dibuka untuk lulusan SMA. “Di tahun sebelumnya Brigsus tidak ada, yang ada hanyalah Brigadir Umum untuk lulusan SMA,” paparnya.

Susi mengatakan, berdasarkan perbandingan data saat ini dengan data penerimaan calon siswa polisi di tahun 2015 untuk pendaftarannya berjumlah 985 pendaftar yang diantaranya meliputi Akpol sebanyak 92, Brigadir Umum 716 dan Tamtama sebanyak 177. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang di tahun 2016 saat ini yang hanya berjumlah sebanyak 966.

“Jumlah peserta kali ini memang tidak sebanyak di tahun sebelumnya, ini dikarenakan oleh adanya benturan terhadap salah satu persyaratan untuk domisili tetap. Selain itu, ada juga pendaftar yang juga mendaftar ke sekolah angkatan satuan lain selain Polri,” bebernya.

Sementara itu, Kapolresta Depok, Komsaris Besar Dwiyono mengatakan bahwa seluruh siswa yang dianggap telah memenuhi syarat dan lulus uji seleksi tahap awal akan langsung dikirim ke Polda Metro Jaya guna mengikuti tahap penyeleksian berikutnya.

“Senin (02/05/2016), para siswa jajaran Polda Metro Jaya dari perwakilan masing masing Satuan Wilayah atau Polres akan mengirim para siswanya ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk penyeleksian dan tahapan selanjutnya yang harus dan wajib diikuti oleh seluruh calon siswa,” jelasnya.

Meski demikian, pendaftaran calon polisi yang dibuka selama 24 hari sejak 07 sampai dengan 30 April 2015 kemarin, diharapkannya dapat meningkatkan kekuatan dan barisan jajaran kepolisian dalam menegakkan hukum dan menjaga ketertiban di seluruh wilayah NKRI agar dapat lebih baik lagi.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)