Sampah di Depok Diperkirakan Mencapai 1,2 Ribu Ton Setiap Harinya

Sampah di Depok Diperkirakan Mencapai 1,2 Ribu Ton Setiap Harinya

HarianDepok.com – Berita , Sampah, menjadi salah satu persoalan paling krusial yang dihadapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Pasalnya, meski sudah ada diterbitkan aturan mengenai sampah, namun hingga kini jumlah sampah di Depok tidak berkurang. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah penduduk kota yang hingga kini telah mencapai 2 juta penduduk.

Menurut informasi yang dihimpun rekan wartawan dilapangan jumlah sampah yang ada di kota Depok saat ini diperkirakan mencapai 1.200 Ton per hari yang harus ditangani dan dibersihkan sepenuhnya oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Depok secepat mungkin untuk menghindari penyakit yang ditimbulkan oleh tumpukan sampah.

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Kusumo mengatakan, pihaknya dalam menangani jumlah sampah di kota Depok saat ini masih terkendala dengan kurangnya armada pengangkut sampah sehingga sampai dengan saat ini, pihaknya hanya dapat mengangkut kurang dari separuh dari jumlah sampah yang dihasilkan kota.

“Total sampah timbun yang ada di kota Depok saat ini diperkirakan mencapai 1.200 ton per hari yang didominasi oleh sampah hasil dari rumah tangga. Namun sampah yang dapat kami tangani dengan baik hanya bisa kami layani sebanyak 500 ton sampah saja. Jujur saja, kami masih kekurangan armada pengangkut dan personil,” tuturnya, Minggu (01/05/2016).

Dijelaskannya bahwa saat ini pihaknya telah memiliki armada kebersihan sebanyak 81 unit yang diposisikan untuk melayani sampah hasil dapur masyarakat kota Depok di 11 Kecamatan. Sedangkan untuk armada Gerobak Motor (Germor), berjumlah 54 unit yang ditugaskan untuk menangani sampah yang tidak dapat terjangkau oleh armada roda empat.

Meski demikian, ia mengaku bahwa pihaknya hingga kini masih kekurangan armada pengangkut untuk menangani sampah kota Depok yang berjumlah sebanyak 1.200 ton. “Untuk idealnya, armada pengangkut sampah di kota Depok seharusnya 120 armada pengangkut. Namun untuk saat ini dengan tenaga disertai dengan sarana dan prasarana yang ada akan terus kami maksimalkan untuk menangani sampah yang ada di kota Depok,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: