Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Jane Jacob, Siapakah Dia ?

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Jane Jacob, Siapakah Dia ?

HarianDepok.com – TechNews , Pada hari ini, Rabu (04/05/2016), Google Doodle mengganti tampilan depan mesin pencarinya dengan gambar berwarna seorang wanita bernama Jane Jacob yang dikelilingi oleh gedung dan suasana perkotaan. Tapi, siapa Jane Jacob ? Menurut yang dilansir dari beberapa media, Jane Jacob merupakan seorang jurnalis yang aktif dibidang lingkungan hidup. Lahir pada 4 Mei 1916 di Scranton, Pennsylvania, Amerika, Jane Jacob sangat dikenal di wilayah Greenwich Village.

Kisah Jane Jacob menjadi inspirasi sampai saat ini karena wanita yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Columbia ini telah dengan berani memperjuangkan lingkungannya agar tidak diubah oleh pihak pengembang. Kejadiannya terjadi antara tahun 1950 – 1960an. Lingkungan tempat Jane Jacob bermukim hendak di ubah oleh pengembang besar bernama Robert Moses. Tujuan dari perubahaan tata kota tersebut adalah membangun jalan bebas hambatan yang disebut dengan Lower Manhattan Expressway (LOMEX).

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Jane Jacob, Siapakah Dia ?

Bukan hanya itu, ada juga rencana perluasan New York Univercity. Untuk itu beberapa bagian blog lingkungan di Greenwich Village harus dikorbankan. Waktu itu paling sedikit terdata ada 132 KK (kepala keluarga) harus merelakan rumahnya. Belum lagi di wilayah terpencil tersebut, paling tidak 1.000 usaha kecil menengah harus berpindah tempat berbisnis. Melihat keadaan lingkungannya yang kecil dan mengorbankan terlalu banyak segi bidang kehidupan, Jane Jacob pun beraksi.

Wanita yang akhirnya masuk nominasi untuk penghargaan Buku Nasional untuk Non-Fiksi itu mulai bergerak. Dia membentuk komiter Joint Committee to Stop the Lower Manhattan Expressway atau Komite Bersama untuk Menghentikan Lower Manhattan Expressway. Jane Jacob berhasil memperjuangkan agar jalan tol tidak jadi dibangun pada tahun 1958. Namun melawan pengembang besar tidak mudah sehingga pada tahun 1962, tahun 1965, dan 1968, pembangunan LOMEX (jalan tol) tetap bisa berlanjut.

Perjuangan yang tiada henti bahkan membuat Jane Jacob dituduh membuat hasutan kepada masyarakat dan berujung pada kejahatan kriminal. Maka pada tahun 1968 Jane Jacob akhirnya dipenjara. Perjuangannya dari seorang jurnalis hingga menjadi aktivis lingkungan hidup sekarang tidak hanya dikenal di lingkungan daerah sekitarnya di Amerika Serikat saja. Fakta dari Jane Jacob diantaranya pada tahun 1961 dia pernah mempersembahkan pemikiran mengenai perkotaan melalui buku bertajuk ‘The Death and Life of Great American Cities’.

Pemikiran Jane Jacob akhirnya banyak diadopsi untuk menjadi bagian dari kebijakan tata kota di daerah Toronto dimana akhirnya Jacobs tinggal dari tahun 1968 hingga meninggal pada 25 April 2006. Google mengangkat nama Jane Jacob hari ini menjadi Doodle sehingga wanita yang akhirnya menutup usianya pada tahun 2006 di Toronto, Kanada, ini dikenal oleh masyarakat dunia. Hari ini adalah ulang tahun hari lahir ke-100 Jane Jacob.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: