KPAI Berhasil Kantongi Nama Hacker Pembobol Web KPAI, Diduga Masih Anak – Anak

KPAI Berhasil Kantongi Nama Hacker Pembobol Web KPAI, Diduga Masih Anak - Anak

HarianDepok.com – TechNews , Sejak Senin kemarin, (02/05/2016) website resmi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendapat serangan dari penjahat cyber. Kejadian ini bukan tanpa sebab, disinyalir ini adalah buntut dari pernyataan KPAI yang menyarankan untuk segera memblokir 15 game berbahaya yang kini tengah beredar. Tetapi berdasarkan keterangan terbaru dari Kepala Divisi Sosial KPAI Erlinda mengaku sudah mengantongi nama hacker yang meretas laman KPAI.

Dugaan sementara, pelaku bukan dari hacker profesional. “Kami sudah mengetahui nama hacker-nya dan diduga masih berusia anak-anak. Sepertinya mereka marah karena gamenya mau diblokir,” ungkap Erlinda, sepertiyang dikutip Sindonews, Senin (02/05/2016). Ia mengatakan, dari pemantauan sejauh ini pelakunya berasal dari komunitas gamer. Tetapi ada orang dewasa di belakang si peretas yang turut membantu aksinya itu. Bahkan dalam hal ini, Erlinda juga memberitahu akun Twitter yang diduga sebagai peretas website KPAI.

“Pelakunya bisa dicek dengan alamat akun Twitter @maniak_k4sur,” jelasnya. Dikonfirmasi, apakah saat ini website resmi KPAI sudah bisa beroperasi kembali. “Kerusakan hanya terjadi pada upload mp4 dan html jadi tidak sampai merusak database. Jadi kini sudah bisa kembali beroperasi sebagaimana biasanya,” pungkas Herlina. Seperti yang diketahui sebelumnya, Kemendikbud telah merilis sebanyak 15 game online yang membahayakan anak-anak karena mengandung unsur kekerasan dan sadistik.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: