Nekat Buang Sampah Liar di Kukusan Depok, Inilah Hasilnya

Nekat Buang Sampah Liar di Kukusan Depok, Inilah Hasilnya

HarianDepok.com – Berita , Sampah liar yang seringkali terlihat berserakan di kawasan Kelurahan Kukusan akhir akhir ini membuat seluruh masyarakat sekitar dibuat geram oleh keadaan tersebut. Pasalnya, meski sudah dilakukan pembenahan dan pembersihan secara gotong royong oleh masyarakat sekitar, namun masih saja ada sampah liar yang sengaja dibuang di kawasan tersebut.

Menyikapi hal ttersebut masyarakat sekitar khususnya Forum Masyarakat Kukusan (FOKUS) berinisiatif melakukan penjagaan dan pengawasan ke sejumlah tempat lokasi rawan dijadikan tempat pembuangan sampah liar selama 24 jam. Aksi main kucing kucingan pun terjadi antara FOKUS dengan pembuang sampah liar. Meski demikian, FOKUS tidak menyerah dan terus melakukan penjagaan.

Penjagaan yang dilakukan oleh masyarakat Kukusan akhirnya membuahkan hasil yang dimana mereka telah berhasil mengamankan seorang pemuda berinisial R (18th) yang tertangkap tangan tengah membuang sampah sembarangan di daerah Kelurahan Kukusan. Sempat terjadi adu argumen, namun akhirnya pelaku menyerah dan pasrah digiring oleh masyarakat untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya ke pihak yang berwajib.

Fauzi, Ketua RW 07 yang wilayahnya kerap kali menjadi langganan sampah liar mengatakan bahwa ia bersama sama dengan warga dan FOKUS berjaga jaga dan mengawasi sejumlah titik lokasi rawan pembuangan sampah liar baik siang hingga malam hari dengan tujuan dapat menangkap para pembuang sampah liar yang acap kali membuang sampahnya di kawasan Kukusan.

“Kami dengan dibantu rekan-rekan Fokus sudah memantau para pelaku pembuangan sampah baik siang maupun malam dan Alhamdulillah akhirnya membuahkan hasil juga. Semoga saja ini bisa memberikan efek jera buat para pelaku lain,” tuturnya, Jum’at (29/04/2016).

Sementara itu, Ketua FOKUS, Suryadi Tholib mengatakan, siapapun yang berani melanggar aturan dan tata tertib yang berlaku di daerah Kukusan, maka dipastikan akan berhadapan langsung dengan organisasi binaannya yaitu FOKUS. Hal tersebut diakuinya amat penting sebagai upaya pihaknya menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Kelurahan Kukusan.

Di sisi lain, R (18th) pelaku pembuang sampah sembarangan yang tertangkap tangan oleh masyarakat segera digiring ke kantor Keluraham Kukusan bersama dengan sampah yang hendak dia buang untuk dijadikan sebagai barang bukti. Pelaku yang pada saat itu terdesak hanya bisa pasrah dan menuruti perintah yang diberikan masyarakat.

Agar pelaku tidak mengulangi perbuatannya dikemudian hari, R di wajibkan untuk menandatangani perjanjian yang menyatakan dirinya tidak akan lagi membuang sampah secara liar. Selain harus menjalani hal tersebut, R juga diwajibkan untuk ikut memantau serta mengawasi lingkungan dari para pelaku pembuang sampah liar sembarangan lainnya selama sepekan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)