Tingkatkan RTH, Wakil Walikota Depok Akan Terus Memantau dan Mengawasi Pembangunan Kota

Tingkatkan RTH, Wakil Walikota Depok Akan Terus Memantau dan Mengawasi Pembangunan Kota

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya untuk meningkatkan jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kotanya saat ini telah melakukan sejumlah kegiatan guna mencapai jumlah yang diharapkan sebanyak 30 persen dari total keseluruhan kawasan kota Depok. Hal ini sesuai dengan keputusan pemerintah pusat yang mewajibkan kepada setiap kota untuk memiliki RTH dengan jumlah tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengaku akan terus memantau perkembangan pembangunan yang ada di wilayah kota Depok yang diharapkannya dapat berjalan sesuai dengan aturan dan undang undang yang berlaku dalam pelaksanaannya dilapangan.

Dari harapannya tersebut, Pradi pun juga menghimbau kepada para pemilik bangunan agar tidak menghabiskan lahannya untuk dibangun secara keseluruhan namun harus disisihkan untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Himbauan ini terungkap usai dirinya memantau perkembangan pembangunan di sepanjang jalan Margonda Raya, Depok pada beberapa waktu lalu.

“Ketentuan yang berlaku itu ya 70 persen untuk bangunan dan 30 persennya untuk RTH, ini harus dipenuhi oleh setiap pemilik bangunan. Kalau punya lahan ya jangan dibangun semuanya, sisakan untuk RTH, resapan dan penghijauan. Ini kan sudah ada aturannya, maka daripada itulah harus ditaati betul betul,” tuturnya, Minggu (24/04/2016).

Dari pengakuannya bahwa aturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di kota Depok sudah ada yang diperuntukkan di setiap wilayah dan memang harus dipertahankan. “Terlihat memang berat bagi para pengembang yang ingin memaksa daerah RTH untuk dikomersilkan. Kami akan berusaha dan terus berupaya meningkatkan jumlah RTH di Depok,” tegasnya.

Pradi juga mengatakan bahwa adanya niat dari para pengusaha untuk berinvestasi di kota Depok adalah hal yang sah. Namun, dirinya menegaskan bahwa ada aturan dan tata tertib dalam hal tersebut sehingga membawa mereka untuk mengikuti aturan main yang ada. Seperti halnya harus memperhatikan dan membuat RTH sesuai dengan aturan.

“Yang kami minta kepada para pengusaha yang ada di seluruh kota Depok khususnya yang berada di kawasan Jalan Margonda Raya agar halaman mereka ditanami dengan sejumlah pohon. Selain baik untuk kehidupan, tanam pohon juga bisa mengurangi beban polusi udara kota Depok yang setiap tahunnya semakin meningkat,” jelasnya.

Meski dirinya telah menginstruksikan hal tersebut, namun Pradi bertekad akan terus mengawasi dan memantau perkembangan dan pembangunan yang ada di kotanya agar dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan undang undang yang berlaku seperti adanya kewajiban yang dibebankan kepada para pengembang untuk membuat RTH minimal 30 persen dari total lahan yang dimilikinya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)