Homeschooling di Depok Kini Mendapatkan Kesetaraan, Pengakuan Pendidikan dan Ijazah

Homeschooling di Depok Kini Mendapatkan Kesetaraan, Pengakuan Pendidikan dan Ijazah

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya jumlah siswa siswi homeschooling yang ada di kota Depok saat ini menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) yang ssat ini tengah melakukan perubahan dan perbaikan agar dapat menunjang kebutuhan para siswa siswi homeschooling agar status dan derajatnya disamakan dengan siswa siswi sekolah reguler yang ada.

Salah satu upaya Pemkot Depok dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan memperbolehkan para siswa siswi homeschooling yang ada di kota Depok untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) di sekolah formal yang ada sesuai dengan jenjang pendidikan yang dijalankannya sehingga siswa siswi homeschooling bisa mendapatkan ijazah seperti pelajar di sekolah reguler.

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan (Disidik) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Ika Rostika Rahmayanti mengatakan, bahwa kedepannya para siswa siswi homeschooling yang ada di kota Depok akan mendapatkan hal yang sama dengan siswa siswi sekolah reguler yaitu mendapatkan ijazah yang setara dengan pendidikan yang dienyamnya.

“Kedepannya para siswa siswi homeschooling akan mendapatkan hal yang sama dengan apa yang didapatkan para siswa siswi sekolah reguler yang ada, yaitu mendapatkan ijazah dengan syarat mereka harus melaksanakan Ujian Nasional ke sekolah pilihan,” tuturnya, Sabtu (23/04/2016).

Ika menerangkan, apabila siswa siswi homeschooling ingin mendapatkan kesetaraan tersebut yang dimana para siswanya mendapatkan pengakuan pendidikan seperti ijazah, pihak homeschooling diwajibkan untuk mendaftarkan siswanya ke sekolah pilihan yang nantinya akan mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) agar dapat mengikuti UN.

Dengan adanya ijazah di tangan siswa siswi homeschooling, kedepannya dapat digunakan sebagai bukti untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)