Sambut MEA, Genpro Fasilitasi UMKM di Depok

Sambut MEA, Genpro Fasilitasi UMKM di Depok

HarianDepok.com – Berita , Melihat akan adanya pembukaan gerbang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang aaat ini telah dimulai dan diberlakukan oleh pemerintah Indonesia membuat sejumlah Pemerintah Daerah berupaya untuk meningkatkan sektor usahanya dengan secara rutin menjalankan sejumlah program dan kegiatan peningkatan kualitas UMKM di kotanya.

Seperti halnya di kota Depok sendiri, melaui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok serta bantuan dari beberapa SKPD lainnya terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu produksi usaha kecilnya dengan memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku IKM yang ada dengan harapan agar produksi yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk lainnya.

Tak hanya Pemkot Depok saja yang beruoaya meningkatkan UMKM dikotanya, Global Entepreneur Profesional (Genpro) pun terlihat melakukan hal yang sama dengan memberikan sejumlah fasilitas kepada para pengusaha muda baik yang masih baru sampai dengan yang sudah tumbuh agar dapat terus berkembang.

Presiden Global Enterpreneur Profesional (Genpro) Kota Depok, Jaya Rianto mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya memberikan bantuan kepada para pelaku usaha muda, baik yang baru merintis usahanya sampai dengan yang telah berjalan  dengan fasilitas yang diperlukan.

“Intinya adalah selain dapat menciptkan ratusan pengusaha baru, kami juga menargetkan bisa menghasilkan sepuluh pengusaha muda dengan aset sebesar 2 miliar rupiah dalam setahun,” tuturnya, Sabtu (23/04/2016).

Dari pengakuannya bahwa bentuk pencapaian target tersebut dilakukan dengan beberapa cara yang salah satunya adalah dengan membentuk Genpro Mentoring Business (GMB) dengan maksud agar para pengusaha yang baru saja memulai usahanya dapat terus terpantau perkembangan dan pengelolaan usahanya.

Hingga saat ini sebanyak 50 pelaku UMKM yang berada di kota Depok telah terdaftar menjadi peserta GMB. Dari kebanyakan pelaku usaha yang mendaftarkan usahanya di GMB rata rata mereka masih berpenghasilan 10 hingga 50 juta per tahunnya. Maka daripada itulah Riyanto menegaskan akan terus berupaya semaksimal mungkin membantu usaha mereka agar dapat mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

“Para pelaku usaha yang terdaftar sebagai anggota GMB ini akan kami bantu dan kami fasilitasi sampai usahanya bisa berkembang dengan baik dan mencapai target penghasilan yang kami inginkan,” katanya.

Riyanto mengatakan, hingga sampai saat ini, tercatat sudah sebanyak 40.000 pelaku usaha yang telah bergabung dengan Genpro yang dimana jumlah tersebut tidak hanya di kota Depok saja, melainkan tersebar di 75 kota besar di seluruh Indonesia. Meski demikian, Riyanto bertekad akan terus melebarkan sayap Genpro hingga menembus pasar internasional.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)