Hari Bumi Sedunia, Pemkot Depok Gelar Aksi Tanam 1.000 Pohon

Hari Bumi Sedunia, Pemkot Depok Gelar Aksi Tanam 1.000 Pohon

HarianDepok.com – Berita , Guna memperingati hari Bumi Sedunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan aksi sosial yang diantaranya adalah dengan menanam 1.000 pohon di kawasan Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias (Balitbangdias) Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen KKP) yang berlokasi di daerah Kecamatan Pancoran Mas, Depok pada Jum’at (22/04/2016) kemarin.

Selain ditujukan untuk meningkatkan jumlah produksi udara bersih di kota Depok hal tersebut juga dimaksudkan sebagai salah satu pemicu kembalinya semangat masyarakat kota Depok untuk menanam pohon lagi guna menjadikan kota Depok yang hijau, asri dan sejuk.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad dalam tanggapannya pada saat memperingati hari bumi sedunia pada waktu itu mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan oleh segenap jajarannya di kawasan Pancoran Mas dianggapnya sebagai salah satu perwujudan meningkatkan jumlah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang hingga kini masih terus ditingkatkan jumlahnya oleh Pemkot Depok.

“Kegiatan yang kami lakukan saat ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya kami dalam memperingati hari Bumi Sedunia. Selain daripada itu, aksi tanam 1.000 pohon ini juga dimaksudkan agar dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat kota Depok menanam pohon,” tuturnya pada saat menghadiri acara hari Bumi Sedunia di Depok kemarin.

Dari pengakuannya bahwa sampai dengan saat ini, jumlah ketersediaan RTH yang ada di kota Depok terus mengalami peningkatkan yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 19 persen dari total keseluruhan wilayah kota Depok. Meski demikian, Idris mengaku akan terus berusaha meningkatkan jumlahnya hingga 30 persen sesuai dengan keputusan pemerintah pusat.

“Saat ini luas RTH yang sudah dimiliki oleh kota Depok telah mencapai 19 persen. Aksi tanam pohom yang kami lakukan saat ini juga dimaksudkan guna meningkatkan jumlah RTH sampai dengan jumlah yang diharapkan yaitu sebesar 30 persen dari total keseluruhan wilayah kawasan kota Depok,” terangnya.

Idris mengungkapkan, kegiatan aksi tanam pohon yang pada waktu itu dimaksudkan untuk merayakan hari Bumi Sedunia dianggapnya sebagai salah satu hal baik yang pernah dilakukan dan menjadi salah satu perintah Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam.

Senada dengan pernyataan Walikota Depok, Kepala Balitbangdias Kemen KKP, Idil Ardi mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan bahwa posisi kantor Balitbangdias yang letaknya berada di kota Depok secara otomatis akan mendukung upaya Pemkot Depok dalam mewujudkan ketersediaan RTH di kotanya.

“Jika memang Depok sudah mencanangkan RTH yang lebih luas lagi, pastinya kami akan sangat mendukung program tersebut,” ucapnya.

Idil juga mengungkapkan bahwa pihaknya dalam mendukung program tersebut akan berupaya menjaga dan merawat pohon pohon yang telah ditanam di kawasan Balitbangdias. Selain ditujukan untuk mendukung program RTH Pemkot Depok, hal tersebut juga menjadi salah satu upaya agar lingkungan Balitbangdias menjadi semakin nyaman, indah dan asri.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: