Perumahan di Depok Tenggelam Banjir, BMSDA Siaga

Perumahan di Depok Tenggelam Banjir, BMSDA Siaga

HarianDepok.com – Berita , Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir belakangan ini menyebabkan sejumlah jalan dan perumahan tergenang banjir. Terlebih lagi kawasan perumahan yang berlokasi di kawasan kota Depok yang sejak kemarin telah tergenang banjir dengan ketinggian satu meter lebih.

Beberapa perumahan yang tergenang banjir diantaranya adalah Perumahan Taman Futa dan Mekar Perdana yang berlokasi di Kecamatan Sukmajaya dan Perumahan Lembah Hijau yang berada di Kecamatan Cimanggis. Ketiga perumahan tersebut langsung tergenang banjir akibat debit air yang tinggi menimpa kawasan tersebut.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok, Dea Akhmat mengatakan bahwa hingga kini pihaknya dalam mengatasi persoalan bencana banjir telah menerjunkan satuan petugas (Satgas) banjir ke tiga perumahan yang masih terendam banjir.

“Alhamdulillah kawasan Tamab Duta airnya sudah mulai surut dan kini sudah berada di kedalaman 50 sentimeter. Meski demikian kami masih mengkhawatirkan akan bertambahnya ketinggian air di kkawasan ini apabila curah hujan kembali menghantam kota Depok,” katanya Sabtu (23/04/2016).

Dari pengakuannya bahwa banjir yang terjadi saat ini di beberapa perumahan yang berlokasi di kota Depok disebabkan oleh adanya luapan air dari beberapa serapan dan sungai yang berada di sekitar kawasan perumahan tersebut yang antara lainnya adalah luapan air dari Kali Laya dan Situ Pengarengan.

Mengantisipasi akan adanya banjir susulan akibat limpahan air dari sejumlah kota yang letaknya lebih tinggi daripada kota Depok, Dea mengaku akan terus menginstruksikan anggotanya untuk terus berlaku waspada dan selalu siaga guna menolong masyarakat yang tertimpa bencana banjir.

“Semua tim sejak kemarin kami sudah sebar ke lokasi yang dikhususkan untuk menangani permasalahan banjir. Untuk mengcover kinerja petugas di lokasi, kami pun sudah menyiapkan satu unit regu tambahan dengan dilengkapi peralatan pendukung,” katanya.

Menurut Dea, ada sejumlah penyebab dan pemicu banjir yang amat sangat berpotensi di kota Depok yang diantaranya adalah, kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sehingga mengakibatkan resapan dan saluran air tersumbat. Terlebih lagi dengan adanya pendangkalan di beberapa resapan kota yang seharusnya segera untuk dinormalisasi.

Maka daripada itu, Dea menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mau menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Selain bersih dan terbebas dari berbagai penyakit, hal mudah tersebut diyakininya dapat mengurangi resiko terjadinya banjir di kemudian hari.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)