Satu Lagi Komodo Tewas di Kebun Binatang Surabaya

Satu Lagi Komodo Tewas di Kebun Binatang Surabaya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seekor komodo ditemukan tewas pada Kamis kemarin di Kebun Binatang Surabaya. Dengan tewasnya hewan melata ini, maka ini adalah kasus kematian komodo ketiga pada tahun ini.

“Komodo yang tewas tersebut berjenis klamin laki-laki dan berusia 11 tahun, meninggal di dalam kandangnya di Kebun Binatang Surabaya,” kata Liang Kaspe, dokter hewan di KBS.

Sementara dua Komodo lainnya yang tewas, merupakan kadal hidup terbesar di dunia dan memiliki gigitan berbisa, meninggal pada Februari dan Juni di kebun binatang Surabaya.

Hasil otopsi awal menunjukkan bahwa kematian ketiga komodo ini disebabkan oleh masalah usus, namun tes laboratorium lebih lanjut akan dilakukan bulan depan untuk memeriksa masalah lain.

Kebun binatang ini sekarang memiliki tujuh ekor komodo, enam perempuan dan 59 bayi Komodo. Lebih dari 30 telur juga telah diletakkan sejak akhir Juli, kata Kaspe.

Kebun Binatang Surabaya telah dijuluki “kebun binatang mati” karena begitu banyak hewan tewas dalam beberapa tahun terakhir karena kelalaian dari pihak KBS, termasuk beberapa orangutan, harimau dan jerapah.

Manajemen kebun binatang telah diambil alih oleh pemerintah kota Surabaya, namun kematian tidak berhenti dan kelompok kesejahteraan hewan terus menyerukan untuk segera melakukan penutupan kebun binatang ini.

Komodo, yang terdapat di beberapa pulau Indonesia, dapat tumbuh hingga tiga meter (10 kaki) panjang dan berat sampai 70 kilogram (154 pon). Komodo diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan dan sangat dilindungi.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)