Tata Cara Pendaftaran & Jadwal Penting SBMPTN 2016

Tata Cara Pendaftaran & Jadwal Penting SBMPTN 2016

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tujuan SBMPTN yaitu untuk menyeleksi calon mahasiswa yang dinilai dapat menyelesaikan kuliahnya dengan baik dan memberi peluang untuk memastikan lebih dari satu PTN lintas lokasi. Bagi pelajar yang mengidamkan masuk kuliah menggunakan jalur ini tentunya akan ada kriteria pendaftaran, yaitu pelajar lulusan 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah.

Bagi lulusan tahun 2016 harus sudah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, dan seminimalnya berisi informasi jati diri serta poto terakhir yang peserta dibubuhi cap yang sah. Di tahun ini pengerjaannya tidak sama, hal tersebut bisa diliat dari perubahan alamat situs SBMPTN yang awalannya yaitu wwwsbmptn.or.id ke wwwsbmptn.ac.id.

Namun bukan soal sebab keduanya masih bisa dikunjungi dengan baik serta informasi yang tersediapun sama, dengan begitu anda bisa mengunjungi alamat manapun. Selebihnya dalam ujian bisa menentukan dengan komputer atau tertulis. Kalau mau tertulis maka tidak perlu sebaliknya. adapun ujian keterampilan tetap dilakukan seperti biasa. ada sejumlah jadwal penting yang mesti diingat oleh anda yang masuk jalur SBMPTN 2016.

Diantaranya video langkah langkah Pendaftaran Online SBMPTN bisa diunduh sejak 18 April 2016 jam 08.00 WIB. Kemudian, pendaftaran Online mulai bisa dikerjakan pada 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Sementara pada 31 Mei nanti diadakan ujian tertulis (PBT dan CBT), Ujian Keterampilan (untuk yang pilih program studi tertentu) diadakan pada  1 Juni 2016 dan  2 Juni 2016.

Adapun hasil seleksi bisa dilihat dengan mengunjungi laman sbmptn.ac.id pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB. Sebelum mengerjakan langkah pendaftaran online, diharuskan mengisi data pendaftaran awal. Pertama dengan mengunjungi laman resminya. Setelah itu masukan nama beserta tanggal lahir anda. selanjutnya cetak bukti dan bawalah ke Bank saat melakukan pembayaran, di Bank BNI atau Bank Mandiri sebesar dua ratus ribu rupiah.

Setelah selesai, pendaftar akan menerima KAP dan PIN yang kemudian akan anda gunakan untuk mengerjakan pendaftaran. selanjutnya buka kembali halaman resminya, log in menggunakan KAP dan PIN, kemudian mengisi data diri. dan pilihlah PTN yang diminati. Bila selesai, cetak tanda bukti yakni kartu tanda peserta, dan bawa saat ujian seleksi digelar.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok