SBMPTN 2016 Gunakan Dua Sistem, Calon Mahasiswa Tidak Perlu Bingung

SBMPTN 2016 Gunakan Dua Sistem, Calon Mahasiswa Tidak Perlu Bingung

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, tidak perlu bingung dengan dua sistem tes yang akan di gunakan. Benar, mulai tahun ini seleksi akan menggunakan sistem tes berbasis kertas (PBT) dan berbasis komputerisasi (CBT). Peserta SBMPTN bebas memilih metode tes yang akan diikuti. Tetapi, tetap saja mereka tidak bisa memilih keduanya sekaligus, pilih saja salah satu sekalipun hari pelaksanaan tes berbeda.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, ketika peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 menyatakan, sejumlah telaah dan review atas seleksi serupa pada 2015, yang sebagian tempat menjadi lokasi uji coba pelaksanaan CBT. “Beberapa bagian tentu perlu ada yang diperbaiki. Salah satu kendala misalnya dalam hal jaringan. Perbaikan tersebut dilakukan secara berkelanjutan,” papar Nasir, dalam sambutan peluncuran itu, Jumat (15/04/2016).

Jika memilih sistem CBT, semua soal dan pengisian jawaban dilakukan di komputer. Bagi siswa-siswi yang sudah terbiasa dengan Ujian Nasional (UN) berbasis komputerisasi seharusnya mudah beradaptasi dengan sistem ini. SBMPTN 2016 memang kali pertama CBT digelar secara nasional, sebagai opsi dari pelaksanaan seleksi. Itu pun, tidak semua lokasi ujian menyediakan pilihan CBT.

Penggunaan sistem CBT diharapkan mampu menghemat biaya seleksi, terutama dari pencetakan lembar soal dan jawaban ujian beserta distribusinya. Akan tetapi, karena belum semua daerah mempunyai infrastruktur memadai, PBT tetap ada dan bahkan masih mendominasi pada SBMPTN 2016 tahun ini.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok