Satpol PP Depok Gencar Tertibkan Spanduk Liar

Satpol PP Depok Gencar Tertibkan Spanduk Liar

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya menertibkan sejumlah spanduk liar di kawasan kota Depok saat ini telah menginstruksikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok agar segera melakukan kegiatan penertiban ke sejumlah kawasan rawan spanduk liar.

Salah satu wilayah yang menjadi target petugas dalam menjalankan instruksi tersebut adalah kawasan Kelurahan Ratujaya, Depok yang kerap dijadikan tempat berdirinya spanduk spanduk liar dikarenakan lokasinya yang amat sangat strategis dan ramai dilalui oleh masyarakat kebanyakan.

Dalam melaksanakan penertiban tersebut, petugas merasa kewalahan menghadapi permasalahan spanduk liar di wilayah ini, pasalnya meski sudah dilakukan penertiban hingga empat kali dalam kurun waktu satu bulan, namun masih saja ada spanduk liar yang terpasang lagi usai penertiban dilakukan.

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Cipayung, Nurakhadiyat kepada wartawan mengatakan bahwa sampai dengan saat ini, model spanduk yang berdiri di kawasan Ratujaya aspal alias asli tapi palsu yang membubuhkan izin fotocopi hasil dari spanduk berizin lainnya sehingga menyulitkan pihaknya dalam menjalankan penertiban tersebut.

“Pihak kami sudah kerap kali menertibkan spanduk yang tidak berizin di wilayah ini. Malah ada beberapa spanduk liar yang izinnya difotocopi menyerupai izin resmi padahal palsu,” tuturnya, Minggu (17/04/2016).

Dari pengakuannya bahwa pihaknya hanya dalam waktu beberapa kali penertiban saja, para petugas mampu menjaring 40 spanduk liar dan tidak berizin. Hal tersebut membuktikan bahwa masih minimnya kesadaran para pelaku usaha dalam mempromosikan produk produknya kepada masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nur mengungkapkan kebanyakan spanduk yang kerap ditertibkan oleh anggotanya dilapangan berasal dari perumahan dan sekolah yang dimaksudkan agar masyarakat dapat mengetahui dan adanya produk produk yang dipasarkannya dengan baik. Meski demikian pihaknya amat menyayangkan hal tersebut yang tidak mengindahkan aturan dan tata tertib yang berlaku.

Ia juga menegaskan dalam penegakkan ketertiban tersebut, pihaknya sudah melakukan pemanggilan kepada sejumlah pihak terkait mengenai permasalahan tersebut namun kebanyakan dari mereka selalu berkelit dan enggan untuk menghadapi persoalan spanduk liar yang sengaja dipasang di sepanjang jalan. Selain spanduk yang membentang di sepanjang jalan, spanduk berukuran kecil yang terpasang di beberapa pohon pun turut diamankan oleh petugas.

Meski tidak mendapatkan respon positif dari pihak terkait, Nur dengan tegas mengatakan bahwa pihaknya selaku instansi yang ditunjuk mengaku akan terus menjalankan penertiban secara rutin di sejumlah kawasan rawan spanduk liar seperti di kawasan Kelurahan Ratujaya yang letak dan posisinya saat ini ramai dilewati masyarakat.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)