Disdik Depok Gelar Program Ujian Paket C

Disdik Depok Gelar Program Ujian Paket C

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakatnya saat ini telah berupaya menjalankan beberapa program peningkatkan pendidikan ke seluruh wilayah kota Depok yang diantaranya dengan membuka program pendidikan paket A,B dan C yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

Program yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun silam belakangan ini dimaksudkan juga agar seluruh masyarakat dapat memiliki intelektualitas yang lebih tinggi sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar Indonesia. Selain dapat meningkatkan taraf hidup, adanya pendidikan juga mampu menunjang kemampuan agar dapat lebih baik lagi.

Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Ika Rostika Rahmayanti dalam tanggapannya mengenai adanya program tersebut mengatakan bahwa hingga sampai dengan saat ini, sebanyak 2.810 warga kota Depok telah mengikuti Ujian Paket C yang secara keseluruhannya berasal dari berbagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Kota Depok.

Maka daripada itulah Pemkot Depok melalui Disdik Kota Depok terus berupaya melakukan penyelenggaraan Ujian Paket C setiap tahunnya yang dimana dalam pelaksanaannya akan dilaksanakan berbarengan dengan Ujian Nasional (UN) tingkatan SMA sederajat. Dari pengakuannya bahwa dalam uji materi yang diberikan di Ujian Paket C cenderung berbeda namun porsi yang diberikan tetap sama dengan taraf Ujian Nasional.

“Pada tahun ini, pihak kami akan kembali menyelenggarakan program Ujian Paket C. Kepada seluruh masyarakat Depok yang berminat dan ingin mengikuti kegiatan ini bisa langsung mendaftar,” tuturnya pada saat di Balaikota Depok belum lama ini.

Ika mengungkapkan bahwa ada beberapa persyaratan mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin mengikuti ujian paket C yang diantaranya para peserta diwajibkan untuk memiliki ijazah SMP sederajat. Selain itu, peserta juga harus terdaftar sebagai salah satu peserta PKBM atau kelompok belajar serta telah mengikuti kegiatan belajar minimal enam bulan lamanya.

Setelah syarat syarat tersebut terpenuhi, barulah para peserta dapat melanjutkan peningkatan pependidikan ke jenjang paket C atau setara dengan SMA sederajat. “Kedepannya kami amat mengharapkan semakin banyak masyarakat yang memiliki keinginan dalam meningkatkan pendidikan,” harapnya.

Dengan adanya pendidikan diakuinya dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik lagi sehingga secara otomatis dapat mendongkrak kesejahteraan hidup, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. “Pendidikan meningkat, saya yakin kesejahteraan pun juga akan ikut mengalami peningkatkan selama ada usaha pasti ada jalan,” dorongnya kepada masyarakat.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)