Walikota Depok, Berlakukan Pelayanan Sabtu di Seluruh Kelurahan Depok

Walikota Depok, Berlakukan Pelayanan Sabtu di Seluruh Kelurahan Depok

HarianDepok.com – Berita . Walikota Depok terpilih Idris Abdul Shomad dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin kota Depok sekaligus sebagai pelayan masyarakat kali dalam kinerjanya hingga kini membawa sejumlah unit pelayanan masyarakat yang ada ke gerbang kemajuan yang ditujukan bagi masyarakat kota Depok.

Sejumlah perubahan dan kemajuan yang terjadi pada periode pemerintahan Idris kali ini adalah dengan diterapkannya jam operasional malam kepada seluruh unit pelayanan masyarakat khususnya di bidang kependudukan yang biasa dilaksanakan di setiap Kelurahan.

Pelayanan yang dilaksanakan mulai Sabtu 16 April 2016 kemarin serentak yang dilaksanakan oleh 63 Kelurahan se Kota Depok mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan 22.00 WIB malam dimaksudkan agar masyarakat kota Depok dapat memiliki waktu untuk mengurus kebutuhannya seperti pengurusan e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Melihat adanya kondisi aktivitas masyarakat yang cukup tinggi saat ini sehingga memerlukan adanya penyeimbangan agar dapat mendongkrak ketertiban dan kelengkapan data untuk masyarakat, seluruh kantor Kelurahan yang biasanya tutup saat ini harus buka pada Sabtu untuk pelayanan e-KTP dan KIA,” jelasnya, Minggu (17/04/2016).

Dari penjelasannya, Idris mengatakan bahwa kebijakan program yang diberlakukan oleh pihaknya kali ini dimaksudkan agar dapat meringankan beban masyarakat agar tidak terbebani dengan adanya kepengurusan kependudukan yang biasanya dilakukan pada saat jam kantor (office hour) yang menjadi saat saat sibuk. Maka daripada itulah dipilih hari Sabtu agar masyarakat dapat lebih leluasa mengurus administrasi kependudukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan amat sangat setuju dengan adanya putusan dari Walikota Depok yang memberlakukan kepengurusan administrasi kependudukan pada hari Sabtu hingga malam hari yang dipastikannya dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepengurusan adminstrasi kependudukan.

Selain daripada itu, Misbahul juga mengatakan bahwa layanan Sabtu hingga malam hari yang diterapkan oleh Pemkot Depok baru baru ini merupakan lanjutan dari progrqm ‘One Day and One Hour Service’ yang digalakkan oleh Walikota Depok, Idris Abdul Shomad agar dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus segala sesuatu mengenai administrasi kependudukan.

“Kami berharap kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan pelayanan yang diberikan dengan sebaik baiknya,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: