Sebanyak 300 RTLH di Kota Depok Bakal Mendapatkan Bantuan Dari Pemerintah

Sebanyak 300 RTLH di Kota Depok Bakal Mendapatkan Bantuan Dari Pemerintah

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjalankan programnya mengentaskan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mulai dari periode Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail pada periode sebelumnya, kini program tersebut masih terus dijalankan yang diketahui bahwa saat ini Pemkot Depok di bawah pimpinan Walikota Depok terpilih, Idris Abdul Shomad telah mengalokasikan anggarannya sebesar 5,4 miliar rupiah untuk mengentaskan RTLH di wilayah kota Depok.

Menurut data yang berhasil dihimpun bahwa jumlah RTLH yang tersisa di wilayah kota Depok masih berjumlah sebanyak kurang lebih 2.000 rumah dengan luas sebanyak 132,72 hektare. Agar dapat mempercepat program pengentasan RTLH di kota Depok, Pemkot Depok pun juga sudah menginstruksikan sejumlah pihak terkait agar dapat segera menindak lanjuti permasalahan tersebut.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa saat ini Pemkot Depok dalam melaksanakan program pengentasan RTLH di wilayahnya sudah berjalan cukup baik yang diketahuinya per tahun sebanyak 1.000 rumah tidak layak huni sudah dibantu diperbaiki oleh pihaknya.

“Per tahun kami sudah membantu 700 hingga 1.000 rumah yang kondisinya memang sudah tidak layak huni. Program ini akan terus kami jalankan dengan target beberapa tahun kedepan, RTLH di kota Depok dapat diperbaiki secara keseluruhan, doakan saja ya semoga dapat terealisasikan dengan baik,” tuturnya, Minggu (17/04/2016).

Agar program pengentasan RTLH dapat berjalan dengan baik, di tahun 2016 ini, Pemkot Depok diperkirakan akan segera membantu dan memperbaiki sebanyak 300 rumah tidak layak huni yang berada di 11 Kecamatan. Dengan anggaran yang sebesar 5,4 miliar tersebut, Pemkot Depok bakal memberikan bantuan kepada setiap RTLH sebesar 18 juta rupiah.

Idris mengungkapkan hingga tahun 2016 saat ini, pertumbuhan penduduk di kota Depok diperkirakannya tumbuh sebanyak 3,4 persen yang hingga kini jumlahnya sudah mencapai 2.080.000 jiwa. Hal tersebutlah yang menyebabkan semakin berkurangnya ketersediaan lahan pemukiman di kota Depok. Oleh sebab itulah Pemkot Depok dalam waktu dekat ini berencana akan membangun sejumlah rumah vertikal guna menyeimbangkan kebutuhan rumah dan perkembangan jumlah penduduk saat ini.

“Untuk tahun ini kami mendapatkan tantangan dari pemerintah pusat untuk membangun sejumlah rumah vertikal di kota Depok. Maka daripada itulah, kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait agar tantangan tersebut dapat kami terima dengan baik,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: