Di Depok Pembayaran Pajak Kendaraan Kini Bisa Dilakukan Melalui ATM

Di Depok Pembayaran Pajak Kendaraan Kini Bisa Dilakukan Melalui ATM

HarianDepok.com – Berita , Masyarakat kota Depok kini mendapatkan kembali fasilitas lainnya yang memudahkan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang semuanya itu dapat dilakukan pembayarannya melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BJB.

Fasilitas ini sengaja dibentuk oleh pihak terkait dengan maksud agar dapat mengimbangi aktivitas masyarakat kota yang padat dan tidak mendapatkan waktu luang untuk melakukan pembayaran pajaknya ke samsat terdekat. Maka daripada itulah adanya fasilitas pembayaran pajak via ATM seperti ini diadakan agar mampu memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat dalam membayarkan pajaknya.

“Ini merupakan program e-samsat sebagai bentuk peningkatkan pelayanan pembayaran pajak daerah dan registrasi kendaraan baermotor kepada masyarakat,” kata Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Cabang Dispenda Provinsi Wilayah Kota Depok, Edi Aries Adilat, Minggu (17/04/2016).

Dari penjelasannya, e-Samsat yang ada saat ini dianggapnya sebagai salah satu solusi untuk masyarakat agar dapat membayarkan pajaknya dengan cepat tanpa harus repot repot membuang waktu mengunjungi Samsat hanya untuk membayarkan pajaknya saja.

“Usai bertransaksi via ATM, struk transaksi menjadi surat ketetapan pajak daerah yang bisa dijadikan bukti pembayaran pajak. Nantinya apabila ada pengendara kendaraan yang terkena tilang, maka wajib pajak hanya perlu menunjukkan struk tersebut kepada petugas sebagai bukti bahwa telah melakukan pembayaran pajak tahunan,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa dalam merealisasikan fasilitas tersebut, pihaknya juga telah melakukan MoU kepada pihak kepolisian dan pihak pihak yang terkait agar dapat memahami bahwa struk yang dikeluarkan oleh ATM Bank BJB sudah cukup untuk dijadikan bukti pembayaran pajak tahunan.

Meski demikian dirinya juga meminta kepada masyarakat agar selalu menghindari hal hal terburuk seperti adanya kemungkinan tinta yang terdapat di struk pembayaran pudar yaitu dengan cara langsung mengesahkan ke samsat terdekat agar mendapatkan pengesahan dari Polri. Selain dapat mempersingkat waktu pembayaran, hal tersebut juga dapat menghindari para wajib pajak dari panjangnya antrian.

“Dengan begitu, prosesnya akan lebih cepat dan mudah, dan tidak perlu mengantri seperti membayar pajak yang biasanya,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: