Lagi Lagi WNA Asal Nigeria Ditangkap Karena Tidak Memiliki Dokumen Izin Tinggal

Lagi Lagi WNA Asal Nigeria Ditangkap Karena Tidak Memiliki Dokumen Izin Tinggal

HarianDepok.com – Berita , Kantor Imigrasi Kota Depok dalam mengamankan wilayahnya dari sejumlah Warga Negara Asing (WNA) Nakal saat ini terus berupaya menertibkannya secara rutin dengan menggelar beberapa kegiatan razia yang dilakukan di sejumlah tempat terindikasi rawan menjadi sarang WNA Nakal.

Dari hasil penyergapan yang dilakukan oleh pihak Imigrasi dan sejumlah petugas terkait, sebanyak lebih dari 20 WNA dari berbagai negara ditangkap dikarenakan menyalahi dokumen tinggal yang ada. Selain itu, ada beberapa WNA lainnya yang tertangkap tangan dikarenakan tidak memiliki identitas yang mumpuni.

Salah satu WNA ilegal yang tertangkap tangan oleh petugas pada beberapa waktu lalu adalah Umelo Ejikeme Lheanyichukwu (35th) asal negara Nigeria yang langsung digiring oleh petugas ke kantor Imigrasi karena dirinya tidak dapat menunjukkan paspor dan izin tinggal di Indonesia. Akibatnya, Umelo pun harus menjalani serangkaian penyelidikan petugas terkait tujuan dirinya tinggal di tanah air.

Usai menjalani pemeriksaan oleh para petugas, kasusnya pun langsung diserahkan ke pengadilan yang dimana pada Kamis 14 April 2016 kemarin, Kasus Umelo pun langsung digelar oleh pihak Pengadilan Negeri Depok.

Kepala Imigrasi Kota Depok, Dudi Iskandar dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa Umelo tertangkap tangan oleh petugas diakibatkan oleh adanya kegiatan pengawasan keimigrasian yang rutin dilakukan oleh pihaknya pada beberapa waktu lalu di salah satu lokasi terindikasi menjadi tempat persembunyian WNA nakal.

“Umelo tidak dapat menunjukkan paspor atau dokumen keimigrasian pada saat pihak kami tengah melakukan pengawasan keimigrasian yang rutin kami lakukan,” tuturnya, Jum’at (15/04/2016).

Dari pengakuannya, Umelo dicurigai oleh petugas dikarenakan adanya sejumlah laporan dari masyarakat yang curiga terhadap kegiatan Umelo di lingkungan tempat tinggalnya. Benar saja, pada saat petugas ke lokasi, Umelo tidak dapat menunjukkan dokumen kelengkapan izin tinggal di Indonesia kepada petugas.

Pada saat petugas memeriksanya, Umelo berdalih bahwa dokumen izin tinggalnya dipegang oleh orang lain. Namun, petugas yang sudah berpengalaman mengenai hal tersebut tidak percaya begitu saja yang langsung mengambil tindakan pengamanan terhadap Umelo. Atas pelanggaran yang dilakukan oleh Umelo terkait perizinan tinggal di Indonesia, dirinya dijerat pasal 71 b jo Pasal 116 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)