Yamaha Luncurkan Motor Laki Seharga di Bawah Rp 10 Juta

Yamaha Luncurkan Motor Laki Seharga di Bawah Rp 10 Juta

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , Di Indonesia, motor laki buatan Yamaha bisa dibanderol hingga dua puluhan juta lebih. Contohnya saja V-Ixion. Menurut laman dealer Yamaha Mustika Group, motor sport ini dibanderol dengan harga Rp 25 juta lebih. Namun di India, menariknya ada motor laki Yamaha yang harganya tak lebih dari Rp 10 jutaan. Motor tersebut adalah Saluto RX. Harganya sekitar 46.400 Rupee atau setara Rp 9,18 juta.

Motor tersebut baru saja diluncurkan pada Kamis (14/04/2016). Menurut laman India Today, motor ini hadir dengan empat warna: Gleaming Black, Inspiring Red, Matte Black, dan Breezy Blue. Lalu, apa yang membuat harga motor inii relatif murah? Bila dilihat pada gambar, desain motor ini memang sederhana, terlebih jika dibanding dengan motor laki lain di Indonesia. Beberapa bagian pun termasuk `old school`.

Lihat saja joknya. Desainnya dibuat menyatu antara jok penumpang dan pengemudi, tetapi dengan bentuk yang rata. Ini tidak seperti jok motor laki di Indonesia yang biasanya dudukan penumpang lebih tinggi dibangin pengemudi. Walau bagi kita desain motor laki ini relatif `jadul`, tapi di India, motor ini dibuat untuk segmen anak muda. “Peluncuran sepeda motor 110 cc ini adalah gambaran jelas tentang usaha Yamaha untuk memenuhi aspirasi anak muda India,” ujar Managin Director Yamaha Motor India Sales, Masaki Asano.

Hal mencolok lainnya adalah unsur keselamatan. Rem Saluto masih tromol. Ini salah satu faktor yang membuat harga motor ini rendah. Dari segi mesin, Saluto RX `hanya` didukung oleh mesin 110 cc 4 tak, satu silinder, SOHC, berpendingin cairan. Walau demikian, mesin ini sangat hemat bahan bakar. Bayangkan, hanya dengan satu liter bensin, Saluto RX sudah bisa melaju hingga 82 km.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok