Begini Cara Pilih Knalpot Custom yang Cocok Untuk Mobil Anda

Begini Cara Pilih Knalpot Custom yang Cocok Untuk Mobil Anda

HarianDepok.com  Berita – OtoNews , Mengganti knalpot standar dengan model custom memang tak hanya membuat suara mobil menjadi lebih gahar dari standar, tapi juga bisa memperbaiki tampilan eksteriornya. Pemilik bengkel knalpot Van Volker Enterprise, Agus Adi Atmaja, mengatakan, untuk mengganti knalpot, desain yang dipilih harus menyesuaikan dengan bodi mobilnya.

“Untuk model SUV, jika dia enggak pakai body kit maka cocoknya pakai yang model bulat. Untuk model sedan, dia bisa pakai tailpipe yang bulat atau yang kotak pipih (model gepeng). Untuk mobil yang sudah pakai body kit, ini agak susah bikinnya, karena harus dibuat pas dan rapat. Nanti bisa jadi jelak kalau enggak pas,” ujarnya seperti yang dikutip okezone.com di lokasi IIMS 2016.

Untuk memperkuat tampilan sporty, pria asal Purbalingga, Jawa Tengah, itu menambahkan, pemilik tidak hanya bisa menggunakan model stainless standar, tetapi bisa juga menggunakan knalpot dibuat dari bahan serat karbon.

“Sekarang enggak cuma stainless standar atau yang model warna pelangi saja, pakai serat karbon juga sudah bisa kami bikin. Cuma titanium saja yang kami belum bikin, karena bahannya terlalu mahal di Indonesia. Untuk yang sudah beli knalpot, biar lebih mantap, pemilik mobil juga harus pastikan cantolan (dudukan) knalpot benar posisinya. Jangan sampai goyang karena bisa bikin suara enggak sempurna,” tambah pria yang sudah bergelut di bisnis knalpot sejak 1997 itu.

Ditanyakan soal harga, Agus menyatakan knalpot merek Brex buatannya dijual mulai Rp500 ribu sampai Rp15 juta. “Rp500 ribu itu yang tailpape-nya saja, universal untuk semua mobil. Konsumen tinggal pilih bentuknya mau yang mana. Untuk Rp15 juta itu yang full set sampai belakang. Harga ini masih bisa berubah sesuai dengan permintaan konsumen,” tutupnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok