Gaji ke-14 PNS Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran Besarannya

Gaji ke-14 PNS Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran Besarannya

HarianDepok.com – Bisnis , Tahun ini sepertinya bakal menjadi tahun yang spesial bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia. Ya, di tahun 2016 ini menjadi tahun pertama para PNS menerima gaji ke-14. PNS diketahui selama ini hanya mendapatkan tambahan pendapatan melalui gaji ke-13. Gaji ke-13 ini setiap tahun dicairkan menjelang menghadapi tahun ajaran baru sekolah. Sedangkan gaji ke-14 akan diterima PNS menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Lalu berapakah besarannya?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengungkapkan besaran gaji ke-14 tidak jauh berbeda dengan gaji ke-13. “Seperti gaji biasa, jadi cairnya sebelum lebaran. Besarannya seperti gaji pokok,” kata Herman seperti yang dikutip Liputan6.com, Sabtu (16/04/2016).

Dengan besaran gaji sesuai dengan gaji pokok bulanan ini, Herman memastikan maka besaran gaji ke-14 masing-masing PNS di setiap daerah akan berbeda. Sebelumnya, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani ?memastikan gaji ke-14 akan dibayarkan lebih dulu dibanding gaji ke-13. Alasannya, Askolani bilang, gaji ke-13 diberikan untuk membantu PNS membayar kebutuhan pendidikan keluarga atau anaknya ketika memasuki tahun ajaran baru.

“Gaji ke-13 itu buat sekolah, jadi kemungkinan lebih lambat. Sedangkan gaji ke-14 atau THR diberikan untuk keperluan Lebaran. Jadi pencairan dan pembayarannya lebih dulu dari gaji ke-13,” jelas Askolani.  Saat disinggung soal pencairan gaji ke-14, apakah di Juli, Askolani belum bisa memastikannya karena harus menunggu aturan.

“Pokoknya ancang-ancangnya itu (Lebaran). Bulannya saya belum tahu, karena harus lihat aturannya dulu,” ujarnya. Sebelumnya, Askolani mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana Rp 6 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016?.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: