Walikota Depok, Idris Abdul Shomad Benahi Serapan Kota

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad Benahi Serapan Kota

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengantisipasi datangnya banjir di wilayah kotanya saat ini terlihat tengah memperbaiki sejumlah fasilitas serapan kota agar dapat menampung air lebih banyak sehingga banjir diharapkannya dapat terhindarkan. Beberapa fasilitas serapan yang diperbaiki oleh Pemkot Depok baru baru ini diantaranya adalah sungai dan situ.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad yang juga turut langsung menangani sistem serapan kota Depok bersama sama dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kota Depok telah mengerahkan satu alat berat (eskavator) yang digunakan untuk mengeruk tumpukan sampah sampah yang menyumbat aliran sungai dan situ.

Dalam pelaksanaannya dilapangan, Idris pun turut mencoba mengoperasikan alat berat tersebut beraama sama dengan jajarannya yang langsung menyusuri aliran sungai mulai dari Perumahan Mutiara Juanda sampai dengan aliran kali Jantung yang diindikasikan kerap menjadi penyebab banjir di kota Depok.

Serapan yang tersumbat oleh sampah, segera dibersihkan oleh seluruh petugas yang dibantu dengan Satgas Banjir. Usai melakukan pembersihan, seluruh petugas bersama sama dengan Idris pun melanjutkan aksinya ke Situ Pengarengan yang berlokasi di jalan Juanda dekat dengan pusat pemerintahan kota Depok.

Situ Pengarengan yang diketahui memiliki luas sebanyak 5 hektare tersebut menjadi salah satu resapan terbesar yang dimiliki oleh kota Depok yang keberadaannya juga menjadi pembelah jalan Juanda. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh oknum nakal untuk membuang sampahnya secara sembarangan sehingga mengakibatkan adanya penyumbatan aliran.

Warga yang bertempat tinggal tidak jauh dari kawasan tersebut pun juga mengeluhkan akan adanya sampah sampah liar yang kerap muncul meski sudah seringkali dibersihkan. Maka daripada itu banyak warga yang mengharapkan akan adanya tindakan tegas dari pemerintah kepada oknum nakal yang membuang sampahnya sembarang di kawasan Situ Pengarengan.

“Apabila ini dilebarkan, akan dapat mengurangi dampak banjir di lima kelurahan,” tuturnya belum lama ini.

Menyikapi akan adanya keluhan masyarakar terkait dengan banyaknya sampah yang ada di kawasan tersebut, Idris berjanji akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait agar dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan sebaik baiknya.

Selain daripada itu, Idris pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan situ. “Kami juga meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan situ. Karena Satgas banjir tiap hari rutin mengangkut sampah ke sungai,” tutupnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)