BMSDA Kota Depok Berencana Bangun Sejumlah Jalan Untuk Atasi Macet

BMSDA Kota Depok Berencana Bangun Sejumlah Jalan Untuk Atasi Macet

HarianDepok.com – Berita , Kemacetan yang terjadi disejumlah jalan protokol kota Depok dirasakan semakin parah setiap tahunnya oleh sejumlah pengguna jalan. Hal tersebut dikarenakan oleh imbas dari peningkatan jumlah penduduk kota Depok yang tidak berimbang kepada penataan kota yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang masih menggantungi kebutuhan dananya dari APBD daerah.

Perlu diketahui bahwa tidak berimbangnya penataan kota dengan jumlah penduduk yang terus meningkat di setiap tahunnya lebih disebabkan oleh terbatasnya dana anggaran yang disediakan sehingga permasalahan tersebut masih terus menjadi persoalan yang secara perlahan lahan terus dibenahi.

Meski demikian, Pemkot Depok pun terus berupaya melakukan beberapa kerjasama dengan sejumlah instansi terkait guna mengatasi kemacetan dikotanya yang dimana salah satunya adalah dengan membangun jalan tol yang diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di sejumlah jalan jalan protokol kota khususnya di Jalan Margonda Raya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok, Manto dalam tanggapannya mengenai permasalahan kemacetan yang terjadi di wilayah kota Depok hingga saat ini dikarenakan oleh terbatasnya sarana dan prasarana jalan serta kapasitas jalan yang kurang memadai. Sehingga dirinya mengungkapkan amat sangat perlu penambahan jalan jalan baru dan melakukan pelebaran jalan.

“Untuk tahun 2016 ini, pihak kami sudah melakukan sejumlah kajian untuk membangun sejumlah jalan baru dan proyek pelebaran jalan. Hal ini dilakukan agar dapat mengatasi dan mengurai tingkat kemacetan yang terjadi di kota Depok khususnya di beberapa jalan jalan protokol kota seperti Jalan Margonda Raya,” tuturnya, Senin (11/04/2016).

Dari penuturannya, jalan baru yang akan segera dibangun oleh pihaknya adalah Jalan Terusan Juanda yang sejajar dengan Tol Cijago dari Jalan Margonda Raya menuju ke Jalan Tanah Baru, pembangunan Jalan Depok Outer Ring Road (DORR) dan pembangunan jalan layang Markaswangi yang dianggapnya sebagai mega proyek yang akan segera dilaksanakan.

“Jalan Terusan Juanda-Tanah Baru dimaksudkan agar dapat mengurangi dan mengurai tingkat kemacetan yang terjadi di Jalan Margonda Raya. Selain itu Jalan Depok Outer Ring Road juga akan dilakukan pengerjaannya untuk mengatasi kemacetan yang saat ini terjadi di Sawangan. Selain itu, pembangunan jalan layang Markaswangi pun juga akan segera dimulai untuk mengatasi kemacetan di perlintasan KRL di Jalan Dewi Sartika,” bebernya.

Untuk perkiraan pembangunan beberapa jalan tersebut, Manto pun memperkirakan akan menghabiskan dana anggaran mencapai triliunan rupiah dengan waktu pengerjaannya yang bervariasi tergantung dari tingkatan proyeknya.

Oleh sebab itu, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok khususnya kepada para pengguna jalan agar dapat mencari jalan alternatif lain guna menghindari kemacetan sementara waktu hingga sampai proyek pembangunan jalan usai dilaksanakan.

Selain daripada itu, dirinya pun mengharapkan akan adanya perubahan pola hidup yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi untuk melaksanakan kegiatan sehari hari beralih menggunakan angkutan umum yang dimana hal tersebut setidaknya dapat mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di jalan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)