Kantor Arsip dan Perpustakaan Depok Gelar Pelatihan Sistem Pengelolaan Data Online di UI

Kantor Arsip dan Perpustakaan Depok Gelar Pelatihan Sistem Pengelolaan Data Online di UI

HarianDepok.com – Berita , Agar dapat meningkatkan kinerja para tenaga pengurus dan pengelola lembaga perpustakaan dan taman baca di tingkat kelurahan yang ada di kota Depok, Kantor Arsip dan Perpusatakaan Kota Depok pada beberapa waktu lalu telag menggelar acara Pelatihan Sistem Pengelolaan Data Online yang dilangsungkan di Wisma Makara Universitas Indonesia (UI), Depok.

Selain untuk meningkatkan kinerja para tenaga pengurus, pelatihan tersebut dimaksudkan juga untuk mempermudah para tenaga pengurus dalam mengelola data administrasi agar selalu dalam keadaan yang ‘up to date’ sehingga data yang ada dapat terlacak dan dapat dicari dengan mudah dengan menggunakan sistem yang modern.

Kepala Seksi Pengelolaan Data Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Ermanila dalam menanggapi diadakannya acara pelatihan tersebut mengatakan bahwa para pengurus harus terus selalu meningkatkan sistem pengelolaan datanya agar dapat berjalan dengan baik.

Apalagi dengan diadakannya pelatihan yang diselenggarakannya kali ini yang diharapkannya dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada seluruh pengurus, agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dalam mengelola data yang ada dengan menggunakan sistem yang modern.

“Yang kami inginkan atas diadakannya acara pelatihan kali ini adalah dapat memberikan motivasi kepada para pengelola dan para pengurus sehingga dapat membantu mensukseskan perpustakaan yang ada di setiap Kelurahan,” tuturnya, Minggu (10/04/2016).

Pelatihan yang diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai kalangan di wilayah kota Depok pada waktu itu dilangsungkan selama tiga hari berturut turut yang dimulai sejak tanggal 05 sampai dengan 07 April 2016 ini dihadiri oleh seorang narasumber ternama yang berasal dari Ikatan Perpustakaan Indoneaia (IPI) dan Dosen Universitas Indonesia.

Sementara itu, Asisten Tata Praja kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan bahwa arsip adalah salah satu bahan bukti yang resmi dan bisa dipertanggung jawabkan yang amat penting untuk disimpan dan dijaga dengan baik keberadaannya. Maka daripada itu, dirinya mengharapkan agar masyarakat dan Pemkot Depok dapat bersinergi dalam penerapannya dilapangan.

“Semoga di pelatihan ini, dapat meningkatkan kinerja para petugas dalam mengelola dan menangani data data perpustakaan,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: