Pemkot Depok Berencana Gunakan Aplikasi SiKAP Guna Membangun Kota Agar Lebih Baik

Pemkot Depok Berencana Gunakan Aplikasi SiKAP Guna Membangun Kota Agar Lebih Baik

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya meningkatkan percepatan dan pelaksanaan belanja negara terhadap pelaksanaan pengadaan barang maupun jasa yang dilakukan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) saat ini, telah mengeluarkan inovasi pemanfaatan teknologi untuk melakukan hal tersebut agar dapat lebih baik lagi.

Salah satu teknologi yang akan dimanfaatkan untuk menunjang hal hal tersebut adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Sistem informasi Kinerja Penyedia (SiKAP) yang ditujukan agat dapat mempermudah proses lelang yang digelar oleh pemerintah guna memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana penunjang kota agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu, penggunaan SiKAP yang akan segera dijalankan oleh Pemkot Depok dalam waktu dekat ini juga dimaksudkan agar dapat menekan terjadinya gagal proses lelang yang diakibatkan adanya persyaratan dokumentasi kelengkapan yang kurang atau sebagainya sehingga rencana penerapan program pembangunan dapat terus berjalan sesuai dengan target.

Asisten Eksbangsos Kota Depok, Eka Bachtiar pada saat dirinya ditugaskan untuk membuka pelatihan pengenalan sistem tersebut yang diselenggarakan di aula lantai 5 Balaikota Depok pada tanggal 06 April 2016 kemarin mengatakan bahwa hal tersebut selain dapat mempercepat proses pelelangan, juga dimaksudkan agar dapat menekan terjadinya SILPA kota karena adanya kegagalan dalam merealisasikan pembangunan akibat gagal lelang.

“Dengan pelatihan ini kedepannya diharapkan para penyedia yang ada di Kota Depok dapat mengisi SiKAP dengan baik sehingga dapat mengikuti e-lelang dengan cepat sesuai dengan amanah Pepres No.4 Tahun 2015,” tuturnya, Minggu (10/04/2016).

Eka mengungkapkan bahwa dalam penerapan e-lelang cepat pada tahapan pembuktian kualifikasi, BLP tidak perlu menglarifikasi lafi seluruh dokumen kualifikasi apabila penyedia barang maupun jasa sudah pernah melaksanakan pekerjaan sejenisnya dikarenakan data kualifikasi penyedia sudah terekam di dalam SiKAP.

Meski demikian dirinya mengharapkan dengan diadakannya pelatihan kali ini kedepannya dapat lebih dimaksimalkan dengan tidak mengesampingkan kemudahan antara pemerintah dan para penyedia yang ada di seluruh kota Depok dalam tujuannya membangun kota Depok agar dapat berkembang dengan baik.

“Dengan diadakannya acara pelatihan kali ini, kami harapkan dapat memberikan manfaat kepada pihak pihak terkait sehingga dapat berjalan dengan baik dan lebih maksimal lagi,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: