Proyek Pembangunan RSUD Depok Akan Segera Dilanjutkan

Proyek Pembangunan RSUD Depok Akan Segera Dilanjutkan

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui SKPD nya yaitu Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok dalam waktu dekat ini berencana akan melanjutkan proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok yang sempat tertunda pengerjaannya pada tahun 2015 lalu diakibatkan oleh gagalnya proses lelang.

Dari informasi yang didapatkan dilapangan, pembangunan lanjutan RSUD Kota Depok akan meliputi penambahan daya tampung pasien untuk kelas tiga atau setara dengan pasien yang ditanggung oleh BPJS kelas III ataupun Jaminan yang dikeluarkan dari daerah (Jamkesda).

Kepala Bidang Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, bahwa proyek pembangunan di RSUD Kota Depok akan segera dilaksanakan kembali dengan perkiraan selesai pengerjaannya pada pertengahan tahun depan.

“Ya, dilanjutkan kembali pembangunannya, nantinya RSUD akan dibangun enam lantai, namun kami masih butuh dana untuk menyelesaikan pembangunannya. Semoga tahun depan proyek pembangunannya dapat diselesaikan. Kami juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak mengenai hal ini,” tuturnya di Balaikota Depok, Jum’at (08/04/2016) kemarin.

Ia menjelaskan bahwa dana APBD yang dialokasikan untuk proyek pembangunan tersebut sebesar 127 miliar rupiah yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan dan pembelian sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Namun sebetulnya jumlah konstruksi lantai keseluruhan yang ada saat ini mencapai delapan lantai.

“Dari kapasitas delapan lantai yang akan dibangun pada tahun ini enam lantai. Hal ibi dikarenakan oleh terbatasnya anggaran yang kami dapatkan. Meski begitu di tahun berikutnya, pembangunan lantai tujuh dan delapan akan dilanjutkan kembali,” tuturnya.

Dari pembangunan enam lantai tersebut, Dadan mengungkapkan akan ada penambahan kamar sebanyak 73 kamar yang diantaranya akan digunakan untuk ruang operasi, NICU, PICU dan yang lainnya guna menunjang pelayanan kesehatan masyarakat kota Depok saat ini. “Untuk penambahan kamar sekitar 73 kamar dan juga akan ditambahkan beberapa ruangan untuk operasi, NICU, PICU dan yang lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Depok, Dewi Damayanti mengatakan bahwa rencana kelanjutan pembangunan gedung rumah sakit sudah diketahuinya langsung dari pihak Distarkim Kota Depok yang akan difokuskan pada gedung B dan D. “Nantinya di enam lantai itu akan digunakan untuk kamar inap, ruang operasi dan yang lainnya sehingga dapat menampung pasien lebih banyak,” terangnya.

Dari keterangannya, Dewi menegaskan bahwa apabila pembangunan rampung dikerjakan maka RSUD Kota Depok akan mampu menampung pasien lebih banyak lagi dengan perkiraan jumlah sekitar 150 tempat tidur ketimbang saat ini yang hanya mampu menampung sebanyak 77 tempat tidur.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: