Satpol PP Depok Himbau Warga Jangan Memberikan Sedekah Kepada Para Pengemis Jalanan

Satpol PP Depok Himbau Warga Jangan Memberikan Sedekah Kepada Para Pengemis Jalanan

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya mengendalikan Anak Jalanan (Anjal) dan pengemis dikotanya menginstruksikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Depok agar terus melakukan penertiban anjal dan pengemis jalanan di kota Depok. Hal tersebut merujuk kepada adanta aturan yang diberlakukan mengenai pelarangan mengemis di Depok.

Untuk itu Satpol PP pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pemberian sedekah, sumbangan ataupun yang sejenisnya dalam bentuk apapun kepada para pengemis.

Kepala Bidang Penegakkan Peraturan Perundang Undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Yamrin Madina mengatakan bahwa himbauan yang dikeluarkan oleh pihaknya memang sengaja diberikan kepada seluruh masyarakat agar dapat mencegah berkembangnya anjal dan pengemis jalanan di kota Depok.

Selain dapat mengurangi keindahan kota, pengemis jalanan pun dianggap menjadi salah satu hal yang melanggar tata tertib kota sehingga harus ditindaklanjuti, baik itu dengan diberikan pembinaan, sampai dengan pemulangan secara paksa ke kampung halaman mereka masing masing.

“Pengemis yang ada saat ini bisa saja dikendalikan oleh oknum. Mereka ini banyak juga yang dikomersilkan dan dimanfaatkan secara sepihak guna meraup keuntungan pribadi. Oleh sebab itu, mari kita sama sama memberantas tindakan tersebut dengan cara tidak memberikan sumbangan dalam bentuk apapun kepada para pengemis,” tuturnya si Depok, Sabtu (09/04/2016).

Dari penjelasannya, Yamrin membantah himbauan tersebut untuk mengajak masyarakat menjadi pelit terhadap sesama, namun lebih ditekankan kepada memberikan edukasi yang baik dalam melaksanakan ibadah beramal seperti memberikan sedekah ke tempat yang semestinya.

“Mau beramal ya silahkan saja, itu tidak dilarang asalkan tepat sasaran, seperti ke lembaga lembaga amal atau langsung ke masjid juga diperbolehkan. Jangan ke pengemis, selain mmemberikan contoh yang kurang baik, hal tersebut juga dapat mendidik mental seseorang menjadi lemah dan akhirnya tidak mau berusaha atau bekerja,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan di wilayah kota Depok sendiri hingga sampai saat ini masih kerap ditemui para pengemis yang masih nekat berkeliaran di sejumlah jalan jalan utama kota dan di angkutan umum. Maka daripada itu, dirinya menekankan kepada masyarakat agar dapat tidak memberikan uang kepada para pengemis sehingga dapat menekan jumlah mereka.

“Kalau masih terus dikasih ya pastinya bakalan semakin banyak para pengemisnya. Ini yang kami tidak inginkan. Sudah melanggar tata tertib, kegiatan minta minta itu juga dapat membuat malas seseorang dalam bekerja,” tegasnya.

Untuk menekan dan memberantas kegiatan meminta minta yang biasa dilakukan para pengemis di kota Depok, Yamrin mengaku akan terus melaksanakan penertiban secara rutin terhadap mereka yang mengemis di jalanan. “Kami akan menangkap mereka dan memberikan pembinaan yang baik sehingga mereka tidak lagi melakukan kegiatan tersebut dikemudian hari,”tutupnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)