Tahun Depan, Pemkot Depok Berencana Beli Komputer Untuk Persiapan UNBK

Tahun Depan, Pemkot Depok Berencana Beli Komputer Untuk Persiapan UNBK

HarianDepok.com – Berita , Minimnya sarana dan prasarana pendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan di wilayah Kota Depok baru baru ini, membuat sejumlah pihak pengelola SMA terpaksa harus meminjam perangkat komputer. Hal ini disebabkan oleh adanya kebijakan dari pemerintah untuk menggalakkan program UNBK di tahun 2016 ini.

Sebanyak 43 sekolah SMA sederajat di Depok yang mengikuti UNBK terdiri dari sembilan sekolah negeri dan sisanya sekolah swasta ini berupaya keras melaksanakan amanah dari pemerintah untuk melaksanakan UNBK di masing masing sekolahnya meski masih kekurangan sarana dan prasaran pendukungnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Tati Wijayati mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya dengan semaksimal mungkin memberikan sejumlah fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK agar dapat berjalan dengan baik. Namun dikarenakan ada beberapa kendala dilapangan, maka masih ada beberapa sekolah yang meminjam komputer.

“Alhamdulillah Ujian kali ini berjalan cukup baik ya, meski masih terkendala dengan kekurangan sarana penunjangnya seperti komputer di beberapa sekolah. Meski demikian ujian yang dilaksanakan di beberapa sekolah SMA negeri dan swasta lancar. Memang kami meminjam sejumlah komputer dari SMP yang belum melaksanakan UN,” tuturnya, Sabtu (09/04/2016).

Tati menambahkan bahwa seluruh sekolah negeri yang ada di kota Depok sebanyak sepertiganya memfasilitasi diri dengan biaya sendiri guna melaksanakan UNBK, sedangkan sisanya banyak yang meminjam ke sekolah sekolah lainnya agar dapat melaksanakan UNBK disekolahnya.

“Yang paling banyak ya dari modal sendiri, jumlahnya adalah sepertiga dari total keseluruhan sekolah peserta UNBK. Memang masih terbatas, namun sisi baiknya adalah kami yang paling banyak melaksanakan UNBK se Jawa Barat,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa UNBK yang pertama kali diselenggarakan di kota Depok saat ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mewujudkan kota Depok menjadi Cyber City yang dimana meliputi seluruh bidang termasuk di bidang pendidikan.

Idris pun mengungkapkan pihaknya terus berupaya keras untuk memenuhi kebutuhan sarana penunjang UNBK di masing masing sekolah sehingga tidak lagi ada pinjam meminjam komputer ke sekolah lain pada tahun depan. Untuk itu, dirinya berencana akan mengalokasikan dana anggaran kotanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Perlahan namun pasti itulah cara kami berupaya melakukan peningkatan di sektor pendidikan. Untuk sekolah negeri saat ini amatlah terkait dengan ketersediaan dana. Memang ada  rencana untuk mengalokasikan dana. Meskipun belum semua, nun akan ada semacam penghargaan kepada tiap tiap sekolah dengan kompetensi guru terbaik yang dilengkapi sarpras untuk diprioritaskan,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)