Pemkot Depok Ajukan Dana Bantuan Kepada DPR RI

Pemkot Depok Ajukan Dana Bantuan Kepada DPR RI

HarianDepok.com – Berita , Guna membenahi kotanya agar terhindar dari bencana banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengupayakan sejumlah kerjasama dengan beberapa kota terdekatnya dengan harapan dapat mencegah banjir, baik itu di kota Depok sendiri maupun di kota yang berbatasan langsung dengan Depok seperti DKI Jakarta yang dimana letak wilayahnya lebih rendah.

Pertemuan antar kepala daerah pun juga telah diselenggarakan guna membahas permasalahan tersebut agar dapat segera teratasi dalam waktu dekat ini. Dari pertemuan yang dihadiri oleh Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama dan sejumlah kepala daerah lainnya pada beberapa waktu lalu telah membahas sejumlah perencanaan penanggulangan bencana banjir.

Dari hasil pertemuan tersebut, Pemkot Depok pun juga meminta kepada Pemprov DKI Jakarta agar dapat menyisihkan dana anggarannya untuk difungsikan sebagai perbaikan saluran air yang terletak di perbatasan kota yang dimaksudkan agar kota Depok dan Provinsi DKI Jakarta tidak kebanjiran.

Agar dapat memaksimalkan proyek perbaikan tersebut, Pemkot Depok pun juga telah meminta bantuan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI agar dapat membantu membenahi penataan sistem pencegahan banjir agar dapat berfungsi dengan baik dengan kapasitas yang cukup. Pasalnya Pemkot Depok selama ini belum mendapatkan jawaban dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum atas usulan anggaran sebesar 451 miliar rupiah untuk digunakan memperbaiki sejumlah situ.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Mahfudz Abdurrahman dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, bahwa perencanaan perbaikan amatlah perlu dilakukan mengingat keberadaan wilayah kota Jakarta yang juga sebagai Ibukota negara lebih rendah ketimbang kota penyangganya.

“Enggak mustahil nanti tergantung pembahasan, Depok kan juga banyak berkaitan dengan Jakarta dan juga dampaknya sangat signifikan,” ujarnya, Kamis (07/04/2016).

Ia mencontohkan, untuk menormalisasi Situ yang terletak di Bojongsari, Depok mencapai 19 miliar. Ia pun mengakui ada beberapa hambatan masalah kewenangan yang berada di pemerintahan pusat sehingga tidak dapat berjalan dengan lancar dan baik. “Akan terus kami usahakan advokasi agar supaya tidak ada lagi hambatan hambatan,” jelasnya.

Mahfudz menungkapkan akan selalu mendukung apapun yang dapat menjadikan wilayah Provinsi DKI Jakarta dan kota Depok agar dapat terhindar dari bencana banjir yang kerap merugikan dan menghambat perekonomian kota sehingga laju roda putaran pembangunan pun juga ikut terhambat.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)