Pemkot Depok Gelar Pelatihan Pertanian Cara Modern

Pemkot Depok Gelar Pelatihan Pertanian Cara Modern

HarianDepok.com – Berita , Wilayah kota Depok yang sebagian besarnya masih berpotensi digunakan untuk pertanian dikarenakan struktur tanahnya yang amat subur menjadi salah satu pemicu kerja keras  Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam membangun pertanian di sejumlah lokasi yang dimana diharapkan mampu untuk membuahkan hasil yang optimal.

Untuk mewujudkannya, Pemkot Depok melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok pun telah menggelar pelatihan pertanian berbasis teknologi modern dengan menggunakan sistem integrasi tanaman-ternak guna memberikan dorongan kepada para petani dan peternak lokal agar dapat menghasilkan buah yang berkualitas baik.

Pelatihan yang digelar sejak 05 sampai dengan 07 April 2016 kemarin pun dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, Etty Suryahati yang menyempatkan diri memberikan sambutan kepada para petani lokal yang ada di Depok mengenai pentingnya cara bertani dengan menggunakan teknologi modern.

“Maksud dari digelarnya pelatihan kali ini kepada para petani di Depok adalah untuk memberikan pengenalan kepada para petani mengenai teknologi sistem integrasi tanaman-ternak yang ditujukan agar dapat memberikan hasil yang lebih baik dan lebih optimal ketimbang dengan menggunakan cara manual,” tuturnya di Depok, Kamis (07/04/2016).

Pelatihan yang diselenggarakan di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat tersebut tidak hanya dihadiri oleh Kepala Distankan saja, namun beberapa pejabat penting lainnya yaitu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad pun juga turut menghadiri acara tersebut yang juga diamanahkan untuk membuka pelatihan, Kementeriam Pertanian RI, Kementerian HUKHAM RI sebagai nara sumbernya.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad dalam sambutannya di dalam acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasikan semangat dan kinerja para petani yang ada di Depok yang dimana dianggapnya sebagai pahlawan perekonomian dan ketahanan pangan kota Depok. “Petani adalah pahlawan dalam meningkatkan perekonomian kota Depok,”ujarnya.

Pelatihan yang dihadiri 120 petani dan penyuluh yang ada di kota Depok pada saat kegiatan pelatihan berlangsung diberi sejumlah edukasi berupa pelatihan mengenai teknologi sistem integrasi tanaman-ternak untuk dapat dijadikan acuan menghasilkan buah dan ternak yang baik serta berkualitas tinggi.

Selain memberikan pelatihan, Pemkot Depok pun juga memberikan sejumlah bantuan kepada para petani yang diantaranya adalah jaring burung, bibit benih padi, mulsa dan container box yang diperuntukkan sebagai alat penampung hasil panen buah dan yang lainnya. Dengan adanya sejumlah bantuan dan pelatihan tersebut, diharapkannya dapat meningkatkan perekonomian para petani yang juga memiliki hasil produksi tanaman dan ternak yang berkualitas.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: