Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Depok Tidak. Inilah Penyebabnya

Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Depok Tidak. Inilah Penyebabnya

HarianDepok.com – Berita , Rencana pemerintah Indonesia untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di tanah air yang akan dilaksanakan pada 01 April 2016, diharapkan pemerintah dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat dan dapat mengentaskan kemiskinan meskipun tidak secara langsung.

Namun turunnya harga BBM di tanah air, justru tidak berpengaruh kepada tarif Angkutan Kota (Angkot) di wilayah kota Depok yang dipastikan tidak akan mengalami penurunan meskipun harga BBM pada April 2016 turun. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok yang mengatakan tidak akan menurunkan tarif angkot di wilayahnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan bahwa meskipun ada rencana penurunan harga BBM, namun pihaknya akan tetap memberlakukan tarif angkutan kota seperti biasanya. Hal ini disebabkan oleh pihaknya telah menerapkan batas tarif atas dan bawah untuk angkot yang dilandasi oleh Peraturan Walikota (Perwa).

“Saya tegaskan bahwa tarif angkutan umum di Depok tidak mengalami perubahan menyusul akan adanya penurunan tarif BBM oleh pemerintah pusat,” tuturnya di Depok, Kamis (31/03/2016).

Ia menjelaskan perihal adanya ketetapan tarif di wilayahnya saat ini bahwa berdasarkan adanya Perwa kota Depok Nomor 9 Tahun 2015 yang membahas mengenai tarif penumpang untuk angkutan orang dalam trayek perkotaan kelas ekonomi menjadi alasannya mengapa tidak merubah atau menurunkan tarif angkotnya.

Hal tersebut merujuk kepada adanya penjelasan apabila BBM bersubsidi masih berada di kisaran 6.500 sampai dengan 8.000 rupiah, maka tidak akan ada perubahan tarif. Namun apabila ada perubahan di bawah atau atas angka tersebut, diperkirakan tarif angkot di Depok juga akan mengalami penyesuaian.

“Oke, saya jelaskan mengapa saat ini kami tidak menurunkan tarif angkot di Depok. Hal ini dilandasi akan adanya Perwa yang mengatur tarif angkot yang dimana harga BBM pada kisaran 6.500 sampai dengan 8.000 rrupiah tarif tidak akan berubah. Namun apabila di bawah atau diatas nilai tersebut baru akan mengalami perubahan,”jelasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)