Forum Pecinta Lingkungan Depok Tolak Rencana Perluasan TPA Cipayung

Forum Pecinta Lingkungan Depok Tolak Rencana Perluasan TPA Cipayung

HarianDepok.com – Berita , Upaya Forum Pecinta Lingkungan (FPL) guna mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat limbah sampah yang dihasilkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung mendapatkan respon dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok yang mendukung aksi FPL tersebut yang berupaya agar pencemaran lingkungan tidak terus melebar ke pemukiman warga.

Hal ini disebabkan oleh adanya rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang berencana akan memperlebar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung agar dapat menampung sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kota Depok. Pasalnya, TPA Cipayung kondisinya saat ini sudah amat memprihatinkan yang dimana sudah tidak mampu lagi menampung sampah lebih banyak dalam beberapa tahun kedepan.

Oleh sebab itulah Pemkot Depok melakukan hal tersebut. Namun rencana pelebaran kawasan TPA pun langsung mendapatkan penolakan dari sejumlah warga karena rencana tersebut akan mengenai dua RW di Kelurahan Pasir Putih. Hal inilah yang membuat FPL memutuskan untuk menolak rencana tersebut yang dapat merugikan masyarakat sekitar dan lingkungan.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, Yuni Indriany pada saat dirinya menerima laporan penolakan dari FPL pada beberapa waktu lalu langsung menyetujui hal tersebut dikarenakan banyaknya dampak negatif yang akan terjadi apabila hal tersebut tetap dilanjutkan.

Beberapa dampak negatif yang nantinya akan dirasakan oleh masyarakat sekitar diantaranya adalah tercemarnya air tanah akibat limbah air sampah, bau yang tidak sedap dan berdampak kepada timbulnya penyakit ISPA, ditambah lagi dengan rusaknya lingkungan di kawasan tersebut yang juga dapat mengakibatkan berkurangnya pasokan udara bersih dan masih banyak lagi.

Maka daripada itulah DPRD Kota Depok dengan tegas mengatakan bahwa pihaknya meminta kepada Pemkot Depok, agar segera menghentikan rencana pelebaran di kawasan TPA Cipayung yang akan dijadikan sarana pembuangan sampah kota Depok.

“Pemkot Depok secepatnya harus segera membatalkan rencana perluasan di TPA Cipayung. Apabila ingin untuk melanjutkan rencana itu, maka harus ada penjelasan yang sejelas jelasnya kepada warga khususnya warga sekitar yang langsung merasakan efek dari rencana tersebut,” tuturnya, Kamis (31/03/2016).

Di tempat terpisah, Ketua Forum Pecinta Lingkungan (FPL) Pasir Putih, Depok, Ade Mirzan mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkonsisten menolak adanya rencana Pemkot Depok yang ingin memperluas kawasan TPA Cipayung yang dimaksudkan agar kawasan tersebut dapat menampung lebih banyak residu sampah kota Depok.

“Pihak kami telah bertemu dengan anggota Dewan yang berasal dari Komisi B, semua data dan surat penolakan telah kami serahkan kepada beliau. Hal ini kami lakukan bukan untuk menghambat program pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah, namun kami hanya menginginkan lingkungan yang bersih dan terbebas dari segala macam limbah,” jelasnya.

Dari penuturannya, bahwa sampai dengan saat ini dampak negatif yang dihasilkan oleh adanya TPA tersebut sudah amat dirasakan oleh warga sekitar, apalagi dengan adanya rencana pelebaran, maka akan dapat dipastikan dampak negatif akan terasa lebih hebat ketimbang saat ini.

Ia pun berharap akan adanya pertimbangan dan solusi dari Pemkot Depok terkait adanya rencana pelebaran tersebut.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)