Mulai 1 April 2016, Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

Mulai 1 April 2016, Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

HarianDepok.com – Bisnis , Setelah resmi menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax cs, Pemerintah berencana bakal menurunkan harga BBM untuk jenis Premium dan juga Solar. Besaran penurunan Rp 500 per liter dan akan berlaku mulai 1 April 2016. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan, pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan harga Premium dan Solar dengan besaran masing-masing Rp 500 per liter.

Penurunan tersebut disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku dan juga untuk merefleksikan penurunan harga minyak dunia. Berdasarkan landasan tersebut, pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga Premium dari Rp 6.950 per liter menjadi Rp 6.450 ribu per liter. Sementara untuk Solar turun menjadi Rp 5.150 per liter dari sebelumnya Rp 5.650 per liter. Sedangkan  untuk minyak tanah tetap. Pemerintah akan tetap konsisten untuk mengevaluasi harga BBM setiap 3 bulan sekali.

Harga baru ini sudah mempertimbangkan harga pada Juli yang sudah memasuki Lebaran. Mudah-mudahan sampai 6 bulan ke depan harga tersebut dapat dipertahankan sehingga masyarakat bisa merencanakan segala macam. Saat ini, PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan penyalur sedang mempersiapkan segala sesuatunya sehingga pada 1 April pukul 00.00 WIB perubahan ini bisa langsung berlaku.

Sebelumnya, Pertamina telah menurunkan harga BBM Umum non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite masing-masing sebesar Rp 200 per liter. Penurunan harga BBM non subsidi ini merefleksi penurunan harga minyak mentah dunia.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: