Pertumbuhan Penduduk Depok Naik Setiap Tahun

Pertumbuhan Penduduk Depok Naik Setiap Tahun

HarianDepok.com – Berita , Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Depok mendapatkan data bahwa pertumbuhan penduduk kota Depok mencapai 6% setiap tahun.

Pasca Lebaran ini, seluruh desa di Depok menerima banyak laporan yang berkaitan dengan penambahan warga baru. Epi Yanti selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkot Depok mengatakan, bahwa penambahan penduduk ini membuat kota Depok semakin sempit dan terhimpit. Tercatat hingga saat terdapat 2 juta jiwa penduduk di Depok.

Untuk itu, instansi terkait akan melakukan operasi yutisi selama dua bulan penuh, August sampai Oktober 2014

“Senin depan kami akan mulai beroperasi di Kampung Lio (Kel. Depok Jaya, Pancoran Mas)” kata Epi, Rabu (6/8) saat ditemui di kantornya.

Kampung Lio menjadi target utama operasi, karena daerah ini banyak memberikan laporan tentang penambahan penduduk asing. Menurut Epi, setiap tahun pemerintah disibukan dengan orang-orang yang berimigrasi ke Depok.

Saat ini pertumbuhan penduduk di Kota Depok sangat tinggi, yaitu 4-6% per tahun. Data Disdukcapil pada tahun 2012 adalah terdapat  29.251 orang yang migrasi ke Depok, sementara hanya 17 806 orang yang meninggalkan Depok.

Bahkan, sampai Maret 2013, tercatat jumlah migrasi ke Depok sampai 6.143 orang, sementara 4.292 orang meninggalkan Kota Depok. Perbandingan migrasi orang yang migrasi dan keluar Depok sekitar 2: 1.

“Depok sangat penuh, orang masuk dan keluar tidak sebanding,” ucap Epi.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)