Pemkot Depok Dalam Menangani Sampah di Kotanya

Pemkot Depok Dalam Menangani Sampah di Kotanya

HarianDepok.com – Berita , Permasalahan sampah yang terjadi di wilayah kota Depok hingga saat ini masih terus menjadi perhatian dan mendapatkan penanganan khusus baik itu dari pemerintah pusat sampai dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sendiri yang menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin dalam menangani permasalahan sampah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya bencana banjir di kota Depok saat ini.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh Pemkot Depok dalam menangani permasalahan sampah dikotanya adalah dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat agar dapat memilah sampahnya sendiri yang nantinya hasil daripada pilahan akan diolah kembali menjadi barang barang yang bermanfaat seperti hiasan jalan atau yang lainnya.

Penerapan plastik berbayar pun juga ikut menjadi solusi yang dimana ditujukan agar penggunaan kantong plastik dapat ditekan sehingga jumlah sampah plastik yang terbuang akan dapat berkurang sehingga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan akibat pencemaran dari sampah plastik.

Seperti.yang diketahui bahwa negara Indonesia saat ini berada di peringkat lima besar negara penyumbang sampah plastik. Oleh sebab itulah pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut langsung mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait penggunaan plastik di Indonesia. Dengan adanya program plastik berbayar diharapkan dapat mengurangi beban kota dari sampah sampah plastik yang dihasilkan.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad pada saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Walikota Depok pada beberapa waktu lalu juga sempat menginstruksikan kepada sejumlah SKPD Kota Depok agar dapat bekerjasama untuk menanggulangi permasalahan sampah di wilayah kota Depok sehingga dapar mewujudkan kota Depok yang asri, nyaman dan ramah lingkungan.

Selain daripada itu, beliau juga menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok agar dapat menggalakkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di diri sendiri maupun di lingkungan tempat tinggal sekitar dengan maksud agar dapat merubah kebiasaan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Guna memaksimalkan pengendalian sampah di kotanya, Idris juga telah mengaktifkan kembali ratusan Bank Sampah yang ada agar sampah yang dihasilkan dapat dipilah dan dimanfaatkan kembali sebagai pupuk dan sampah plastiknya akan diolah kembali menjadi salah satu barang yang bermanfaat. Dengan adanya sejumlah upaya tersebut diharapkannya dapat menekan jumlah sampah khususnya plastik di wilayah kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: