Inilah Tips Merawat Rumah Ketika Musim Penghujan

Inilah Tips Merawat Rumah Ketika Musim Penghujan

ilustrasi

HarianDepok.com – Properti , Indonesia sebagai negara tropis mengalami dua musim, yakni panas dan hujan. Praktis hal itu membuat para pemilik rumah untuk memberi perhatian khusus kepada rumah yang ditinggalinya. Selain agar tetap nyaman, rumah yang dirawat dengan baik bisa membuat nilai rumah tetap terjaga. Pada musim panas, rumah juga bisa mengalami kerusakan seperti retak retak dan cat rumah menjadi kusam kalau tidak dirawat dengan baik.

Begitu juga saat musim hujan, terlebih bila atap rumah mengalami kebocoran. Sudah tentu kondisi itu akan merepotkan para penghuni rumah. Bagi sebagian kalangan, kondisi curah hujan yang tinggi mampu memberikan manfaat positif bagi kehidupan. Namun, bagi sebagian kalangan lainnya, kondisi tersebut seringkali malah menjadi kendala. Masyarakat dituntut untuk selalu waspada karena akibat buruk dari cuaca ekstrim seperti kali ini, bakal selalu mengintai.

Bahkan, bisa menghambat aktifitas sehari-hari, utamanya ketika beraktifitas di luar ruangan. Curah hujan yang tinggi bisa memicu berbagai masalah seperti banjir dan kerusakan pada bangunan rumah. Beberapa hal yang kerap ditemui di rumah adalah masalah atap bocor, dinding lembab, korsleting listrik, dan beberapa risiko lain yang dapat membahayakan penghuni rumah.

Masalah Atap

Agar kerusakan pada bangunan rumah, khususnya bagian atap tidak berlanjut, tentu harus segera diatasi dengan baik. Untuk itu perlu jurus merawat rumah agar kerusakan dan kebocoran tidak terus terjadi. Banyak di masyarakat kita yang mengetahui bahwa setiap unsur kontruksi bagian atas bangunan memiliki andil besar terhadap kemungkinan kebocoran yang bakal terjadi.

Oleh karena itu, semua kontruksinya harus dipastikan terpasang dengan benar tanpa adanya celah yang masih tertinggal. Misalnya, sudut kemiringan atap yang belum tepat dapat menimbulkan kebocoraan. Dalam beberapa kasus, atap sengaja dibuat landai untuk menampilkan kesan modern, namun seyogyanya tetap dengan memperhatikan faktor keamanannya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah memilih material atap berkualitas. Saat ini, ada banyak sekali ragam material atap yang bisa digunakan untuk kontruksi atap rumah. Di pasaran kita mengenal atap rumah terbuat dari genteng tanah liat, metal, dan bitumen. Dalam memilih mana atap yang terbaik untuk rumah, perlu menyesuaikannya terhadap intensitas dan curah hujan di daerah tempat tinggal.

Salah satu jurus penting adalah pilihlah bahan atap yang tahan cuaca, tahan terhadap angin, dan tidak gampang retak. Atap berkualitas juga harus mudah dipasang tanpa meninggalkan celah sama sekali. Dan, hal yang juga tak kalah penting adalah atap rumah diberi cat pelapis anti bocor berkualitas dan tahan atas rembesan air hujan. Selama ini, masalah cat pelapis atap rumah kerap terabaikan. Padahal, perannya cukup besar agar atap rumah tidak bocor dan bisa tahan lama.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok