Pemkot Depok Susun Surat Edaran Terkait Mewabahnya Virus Flu Burung

Pemkot Depok Susun Surat Edaran Terkait Mewabahnya Virus Flu Burung

HarianDepok.com – Berita , Maraknya wabah virus flu burung yang telah terjadi di wilayah kota Jakarta tepatnya di kawasan pemukiman kumuh di Lebak Bulus Jakarta Selatan baru baru ini mengakibatkan puluhan ayam milik warga pemukiman setempat mendadak mati. Sontak saja hal tersebut langsung menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta yang langsung menerjunkan instansi terkaitnya untuk meredam wabah virus menyebar ke wilayah lain.

Melihat adanya permasalahan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun langsung mengambil tindakan preventif guna mencegah wabah tersebut menjalar ke kotanya dengan memberikan himbauan dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat kota Depok agar dapat menggalakkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan juga menjaga lingkungan agar tetap terbebas dari sampah.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Depok, Tinte Rosmiati dalam menanggapi adanya penyebaran virus flu burung yang terjadi di wilayah DKI Jakarta baru baru ini mengatakan, bahwa pihaknya memang telah menerima kabar tersebut, namun untuk di kota Depok sendiri hingga kini masih belum didapati adanya laporan mengenai unggas yang mati mendadak.

“Sampai saat ini, pihak kami masih belum mendapatkan adanya laporan dari pihak pemerintah setempat terkait permasalahan unggas yang mati mendadak. Meski demikian, kami pun tetap melakukan tindakan preventif dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya agar tetap bersih,” tuturnya di Depok, Rabu (23/03/2016).

Terkait dengan adanya permasalahan virus flu burung yang baru baru ini terjadi di wilayah Ibukota DKI Jakarta, Pemkot Depok pun juga tengah mempersiapkan Surat Edaran (SE) kepada seluruh Lurah dan Camat se Kota Depok untuk mewaspadai adanya penyebaran virus flu burung. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah cepat pemerintah mengatasi permasalahan penyebaran virus flu burung.

“Masih dipersiapkan surat edarannya, nantinya surat ini akan disebarkan ke seluruh Lurah dan Camat se kota Depok. Surat edaran ini berisikan tentang himbauan mengenai adanya penyebaran virus flu burung dan tindakan pencegahannya yang salah satunya dengan cara menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” katanya.

Guna memaksimalkan tindakan preventif tersebut dalam menghadapi virus flu burung di kota Depok, Tinte pun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di kota Depok agar dapat melaporkan ke pihaknya apabila menemukan unggas yang mati mendadak.

Selain daripada itu, pihaknya pun juga telah melakukan pembatasan jalur distribusi unggas dari dan luar kota Depok guna meminimalisir masuknya virus flu burung ke kota Depok. Dengan adanya tindakan tindakan tersebut dan juga kerjasama dengan pemerintah kota lainnya terkait permasalahan penyebaran virus flu burung, diharapkannya kota Depok dapat terhindar dari dampak yang ditimbulkan akibat virus flu burung.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: