Pemkot Depok Berencana Bangun Gedung Arsip Dalam Waktu Dekat Ini

Pemkot Depok Berencana Bangun Gedung Arsip Dalam Waktu Dekat Ini

HarianDepok.com – Berita , Baru baru ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah merencanakan proyek pembangunan gedung yang nantinya akan digunakan sebagai tempat arsip kota Depok. Hal tersebut merujuk kepada banyaknya arsip arsip yang tersimpan di SKPD tanpa mendapatkan penanganan khusus sehingga dikhawatirkan banyak arsip yang rusak.

Dengan adanya gedung arsip, data data yang dimiliki oleh Pemkot Depok dan seluruh Dinas yang ada dapat terjaga dengan baik dan mendapatkan penanganan khusus dari petugas yang ditugaskan.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah dalam tanggapannya mengenai adanya rencana pembangunan gedung arsip di kota Depok dalam waktu dekat ini mengatakan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan kantor arsip nasional mengenai perihal tersebut.

“Untuk perencanaannya ada di Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) kota Depok, berapa anggarannya, dimana letaknya nanti dan seberapa lama pembangunannya merekalah yang mengetahui lebih jelasnya. Pihak kami hanya akan menggunakannya saja apabila gedung sudah rampung dibangun,” tuturnya kepada awak media, Senin (21/03/2016).

Ia menjelaskan apabila gedung tersebut telah rampung dibanguan maka akan ada penyesuaian yang dimana di dalam gedung tersebut nantinya akan difasilitasi dengan peralatan pengatur suhu ruangan agar arsip arsip yang tersimpan dapat dengan terawat dengan baik.

Selain itu, di gedung tersebut juga akan difasilitasi dengan alat pemadam kebakaran yang akan diletakkan di setiap titik yang mudah terlihat dan terjangkau agar apabila terjadi ancaman kebakaran, dapat langsung ditangani lebih cepat sehingga tidak menimbulkan dampak kerugian yang lebih besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti mengatakan bahwa pihaknya membenarkan adanya rencana pembangunan gedung Depo Arsip dalam waktu dekat ini dengan maksud agar kota Depok memiliki gedung arsip yang bisa digunakan sendiri.

“Untuk rencananya, gedung arsip nantinya akan diposisikan di belakang gedung obat dekat dengan Masjid Balaikota. Untuk kapannya proyek pembangunan dilaksanakan, kami masih mempersiapkan segala sesuatunya untuk dilakukan proses lelang terlebih dahulu. Nah setelah lelang usai dan berjalan lancar barulah dapat dipastikan kapan dan berapa lama proyek pembangunan akan berlangsung,” jelasnya.

Kania mengungkapkan, rencana pembangunan tersebut akan dapat berjalan usai diselenggarakannya proses lelang yang direncanakan akan dibuka pada bulan April mendatang. Apabila tidak ada permasalahan di dalam penyelenggaraan lelang, maka proyek pembangunan akan dapat langsung dijalankan sesuai dengan target pembangunan.

Dari penjelasannya, untuk membangun gedung arsip seperti ini, Pemkot Depok telah menyiapkan dana sekitar 5 miliar rupiah untuk perkiraan biaya pembangunan gedung arsip yang nantinya akan berdiri dengan empat lantai untuk digunakan sebagai gedung kearsipan kota Depok. Dengan adanya gedung arsip ini, diharapkannya dapat mempermudah pemerintah dalam membukukan dan menyimpan berbagai dokumen dengan aman dan terjaga.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)