Petugas Kelurahan Pancoran Mas Depok Gelar Kerja Bakti Bersih Bersih Lingkungan

Petugas Kelurahan Pancoran Mas Depok Gelar Kerja Bakti Bersih Bersih Lingkungan

HarianDepok.com – Berita , Agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal san sekitarnya dari berbagai macam sampah, pengurus LPM dan segenap pegawai Kelurahan Pancoran Mas melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan di lingkungan kantor Kelurahan.

Dari kerja bakti tersebut, petugas langsung membentuk beberapa tim yang disebar ke beberapa sektor rawan sampah yang diantaranya saluran air, jalan, taman dan sejumlah tempat umum lainnya yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab.

Sekretaris Kelurahan Pancoran Mas, Iwan dalam tanggapannya mengenai adanya kerja bakti tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini memang sengaja dilakukan oleh pihaknya setiap seminggu sekali dengan tujuan agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan terbebas dari adanya sampah.

Selain ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar dapat mendorong masyarakat untuk turut berpartisipasi membersihkan lingkungan dari aneka sampah  serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) secara berkelanjutan.

Adanya kegiatan sosialisasi mengenai PHBS oleh Pemkot Depok kepada masyarakat dianggapnya masih belum cukup untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup bersih. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif untuk melakukan kegiatan kerja bakti bersih bersih dengan harapan dapat menggugah hati masyarakat untuk menjaga lingkungan selalu bersih.

“Kegiatan kerja bakti yang kami lakukan saat ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kualitas lingkungan kota Depok menjadi lebih bersih dan terbebas dari adanya sampah. Selain itu, hal tersebut juga kami maksudkan untuk mengajak masyarakat agar dapat melakukan PHBS baik itu di lingkungan tempat tinggal maupun di sekitarnya,” tuturnya kepada radarnews, Minggu (20/03/2016).

Iwan mengungkapkan, kerja bakti yang kerap dilakukan oleh pihaknya selama sekali dalam sepekan ini juga merupakan upaya pihaknya dalam menekan timbulnya musibah kebanjiran yang dimana disebabkan oleh adanya sampah sampah yang menyumbat saluran air sehingga aliran air tersumbat dan mengakibatkan meluapnya air khususnya pada saat musim penghujan tiba.

Dengan dijalankannya kegiatan tersebut, diharapkannya dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi permasalahan banjir yang hingga sampai saat ini masih terus diupayakan oleh Pemkot Depok.

Seperti yang diketahui bahwa di periode pemerintahan Walikota Depok, Idris Abdul Shomad amat gencar melakukan perubahan dan perbaikan khususnya di sektor serapan air guna menekan terjadinya banjir yang kerap melanda sejumlah jalan protokol yang ada di wilayah kota Depok.

Dalam memaksimalkan perbaikan tersebut, Pemkot Depok pun juga turut mengajak serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna memperbaiki sejumlah sarana penunjang air sehingga air dapat mengalir lebih baik dan menjadikan wilayah kota Depok terbebas dari ancaman banjir. Agar dapat terealisasikan, Pemkot Depok pun juga telah mengajukan dana tambahan dari Pemprov DKI Jakarta sebanyak 400 miliar yang diperuntukkan memperbaiki sarana pengairan khususnya di bagian perbatasan kota.

Tak hanya sampai disitu saja, Pemkot Depok pun juga telah mengajukan permohonan penambahan sejumlah dana kepada Pemprov Jawa Barat agar dapat menyelesaikan proyek normalisasi sejumlah situ agar dapat menjadi resapan kota yang berpotensial kembali.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)