Turki Tuding ISIS Pelaku Bom Bunuh Diri di Istanbul

Turki Tuding ISIS Pelaku Bom Bunuh Diri di Istanbul

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Menteri Dalam Negeri Turki, Efken Ala mengatakan pelaku pengeboman bunuh diri di area perbelanjaan utama Istanbul adalah anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Efken Ala menyebut pelaku sebagai Mehmet Ozturk. Seperti yang dilansir BBC News, Minggu (20/03/2016), Ala menyebut sejauh ini pihak berwenang sudah menginterogasi lima orang. Ala juga mengumumkan peninjauan langkah-langkah keamanan dan jam malam di tujuh provinsi di Turki.

“Kami telah menetapkan bahwa Mehmet Ozturk, lahir pada 1992 di Gaziantep, melakukan serangan keji pada Sabtu di Istanbul. Telah ditetapkan ia merupakan anggota Daesh,” kata Ala pada konferensi pers di ibukota Ankara, menggunakan kata Daesh merujuk pada ISIS. Turki adalah bagian dari koalisi pimpinan Amerika Serikat melawan ISIS.

Turki mengizinkan pesawat koalisi untuk menggunakan pangkalan udaranya di Incirlik melakukan serangan ke kubu ISIS di Irak dan Suriah. Jika benar ulah ISIS, bukan kali ini saja mereka menyerang Turki. Pada Januari lalu ISIS diduga melakukan serangan bunuh diri yang menewaskan 12 wisatawan Jerman.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok