Pemerintah Terus Lakukan Infiltrasi ISIS di Media Internet

Pemerintah Terus Lakukan Infiltrasi ISIS di Media Internet

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Djoko Suyanto selaku Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, telah memerintahkan Tifatul Sembiring yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika untuk memblokir semua konten yang berkaitan dengan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS), atau dikenal sebagai Negara Islam (IS) di berbagai situs media sosial. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menghentikan pengaruh pertumbuhan ISIS di Indonesia.

“Hentikan penyebaran ideologi ISIS di internet dan media sosial, seperti YouTube, Twitter dll,” kata Djoko, Senin, (4/8)

Tifatul sebelumnya telah menegaskan bahwa pelayanannya tidak memiliki wewenang untuk memblokir konten terkait ISIS yang mencakup video perekrutan. Dia mengklaim bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika hanya dapat memblokir akses ke konten jika menerima laporan dari Kementrian Luar Negeri, dan Keamanan, dan Kementerian Hukum, Hak Asasi Manusia dan Kementerian Koordinator Politik Hukum.

Jubir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mengatakan bahwa konten akan otomatis melakukan filtering hanya pada isi termasuk pelecehan anak dan pornografi, sebagaimana diatur oleh Keputusan Menteri Nomor 19 Tahun 2004.

Di atas membatasi akses ke konten terkait ISIS, pemerintah juga meminta Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa untuk menjadi ujung tombak guna menghentikan penyebaran ISIS di Indonesia. Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga berkoordinasi untuk menjaga ketertiban. Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsuddin akan melakukan operasi imigrasi untuk mencegah infiltrasi lanjut ISIS.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)