Sambut MEA, Disperindag Depok Gelar Pelatihan UMKM

Sambut MEA, Disperindag Depok Gelar Pelatihan UMKM

HarianDepok.com – Berita , Guna meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kotanya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus melakukan sejumlah kegiatan penunjang seperti memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku usaha UKM yang ada di wilayah kota Depok.

Hal ini dimaksudkan agar para pelaku usaha UKM baik itu yang sudah lama maupun yang baru saja membuka usahanya agar mampu bersaing dengan produk produk luaran sehingga usaha mereka dapat terus berkembang dan dikenal oleh konsumen lokal dan luar.

Kegiatan pelatihan yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok bekerja sama dengan Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (PPTTG) yang diselenggarakan di Wisma Hijau, Mekarsari, Depok yang digelar pada 17 sampai dengan 19 Maret 2016 kemarin, mendapatkan apresiasi dari sejumlah pelaku UKM atas digelarnya acara tersebut.

Sebanyak 20 Pelaku UKM mengaku mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang lebih ketimbang sebelumnya dalam mengolah panganan sehingga dapat dikomersilkan dengan baik. Selain itu para pelaku UKM pun mengaku amat terbantu dengan adanya dukungan dari Pemkot Depok dalam mengembangkan usaha usaha kecil seperti saat ini.

Kepala Bidang Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, selain mengajarkan para pelaku UKM dalam mengolah makanan, pelatihan yang digelar oleh pihaknya kali ini juga ditujukan agwr para peserta dapat memahami penyusunan menu (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Dari pemaparannya, bahwa pelatihan tersebut dianggapnya amat penting karena saat ini sudah banyak sekali konsumen yang berkeinginan membeli satu produk dengan harga yang jauh lebih kompetitif namun memiliki nilai kandungan gizi yang baik. Maka daripada itu hal tersebut dapat menjadi salah satu jalan keluar agar para pelaku UKM Depok dapat melebarkan sayapnya di dunia bisnis.

“Kegiatan pelatihan yang kami gelar pada pekan kemarin adalah salah satu dukungan dan upaya kami dalam meningkatkan Usaha Mikro dan Kecil Menengah agar mereka dapat memiliki keanekaragaman kemampuan dalam mengolah panganan berbasis lokal yang mampu bersaing dengan produk produk ternama, baik itu secara kualitas maupun harga,” tuturnya, Minggu (20/03/2016).

Catur berharap atas diadakannya kegiatan pelatihan pengolahan makanan seperti ini, seluruh peserta dapat menghasilkan produk produk olahan makanan berbasis lokal yang memiliki nilai gizi tinggi namun aman dengan baik dengan harapan seluruh produk tersebut dapat diminati oleh masyarakat, baik itu masyarakat lokal sampai dengan luaran.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)