Disperindag Depok, Stok Kebutuhan Pangan Untuk Depok Aman

Disperindag Depok, Stok Kebutuhan Pangan Untuk Depok Aman

HarianDepok.com – Berita , Adanya penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi pada sejak awal tahun 2016 ini masih belum mempengaruhi harga harga kebutuhan bahan pokok di wilayah Indonesia terutama di kota Depok hingga sampai saat ini. Meski demikian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyatakan bahwa pasokan Sembako untuk kebutuhan masyarakat Depok masih cukup.

Menurut data yang dimiliki oleh pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok bahwa pasokan Sembako untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Depok terbilang lebih daripada cukup meskipun ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga seperti cabai, bawang dan beberapa jenis sayuran yang lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Agus Suherman mengatakan, turunnya harga BBM saat ini tidak terlalu mempengaruhi harga kebutuhan pokok di kota Depok yang dimana di sejumlah pasar pasar tradisional harganya masih terbilang stabil, walaupun ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan yang diakibatkan gagal panen karena curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah pemasok sayur mayur.

“Untuk kebutuhan bahan pangan di Depok masih cukup baik dan terkendali. Harga harga pun masih relatif sama dan belum mengalami kenaikan seperti beras dan kebutuhan pokok yang lainnya. Meskipun ada beberapa jenis sayur yang harganya melonjak naik, itu bukan disebabkan oleh faktor kesengajaan, namun lebih diakibatkan oleh adanya curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah sehingga banyak para petani yang gagal panen,” ujarnya di Depok, Sabtu (19/03/2016).

Meski demikian, dirinya berharap atas adanya penurunan harga BBM saat ini, dapat mempengaruhi harga kebutuhan pokok agar dapat menurun sehingga masyarakat tidak terlalu dibebankan perekonomiannya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Ia pun juga menyatakan bahwa harga kebutuhan pokok khususnya di Depok masih terbilang stabil.

“Alhamdulillah masih cukup pasokannya untuk Depok dan harganya pun masih relatif stabil dan tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Meskipun ada beberapa jenis bahan pangan yang mengalami kenaikan, namun itu lebih disebabkan oleh adanya cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah pemasok sehingga mengakibatkan gagal panen,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ketersediaan stok pangan untuk kota Depok sendiri dijaminnya tidak akan mengalami kekurangan. Hal ini dikarenakan kota Depok mendapatkan pasokan stok bahan pangan dari daerah pegunungan yang mayoritas jauh dari bencana banjir seperti daerah Cipanas, Subang dan Cianjur yang letaknya sangat dekat dengan kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: