Pemkot Depok Masih Kekurangan Jumlah Lahan RTH di Wilayahnya

Pemkot Depok, RTH Depok, Berita Depok

HarianDepok.com – Berita , Perkembangan pembangunan kota Depok yang cukup signifikan serta penambahan jumlah penduduk yang cukup bergejolak serta banyaknya investor dari luaran yang melirik potensi lahan lahan strategis untuk dikembangkan menjadi kawasan perumahan dan yang lainnya di kota ber ikon belimbing dewa saat ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dipermasalahkan atas minimnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dimilikinya saat ini.

Agar dapat memenuhi RTH sebesar 30 persen dari total keseluruhan wilayah kota Depok, Pemkot Depok pun kerap melakukan sejumlah penertiban di beberapa kawasan hijau yang dijadikan tempat pemukiman liar oleh sejumlah oknum nakal. Selain daripada itu, Pemkot Depok pun juga kerap membangun sejumlah taman taman kota agar dapat memenuhi jumlah RTH di wilayahnya.

Meski beberapa upaya tersebut telah dilakukannya, namun jumlah RTH di wilayah kota Depok baru mencapai 19 persennya saja. Untuk itu, Pemkot Depok dalam memenuhi tuntutan dari pemerintah pusat tersebut saat ini telah mengeluarkan kebijakan kebijakan baru terkait permasalahan RTH yang diharapkannya dapat terpenuhi sampai dengan tahun 2019 mendatang.

Salah satunya adalah dengan meminta kepada sejumlah investor agar selalu dapat memperhatikan Ruang Terbuka Hijau di setiap pembangunannya agar dapat tercipta hunian yang asri, nyaman bagi warga dan penghuni kawasan lingkungan perumahan tersebut. Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkannya dapat memenuhi kekurangan jumlah RTH di kota Depok.

“Jumlah RTH yang ada di kota Depok saat ini baru berjumlah sekitar 19 persennya saja. Jumlah ini masih jauh dari ketentuan pusat yang harus dipenuhi oleh kami sebanyak 30 persen. Meski demikian, kami akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam memenuhi jumlah RTH di kota Depok secepat mungkin,” tuturnya di Depok, Rabu (16/03/2016).

Ia menjelaskan bahwa upayanya tersebut selain untuk memenuhi jumlah RTH di kotanya, hal hal tersebut juga dimaksudkan agar masyarakat dapat menikmati lahan lahan hijau sebagai tempat untuk bersantai bersama dengan keluarga saat ini maupun untuk generasi yang akan datang. Selain itu peningkatan jumlah RTH juga dimaksudkan agar kota Depok dapat memiliki paru paru kota yang cukup dalam mengatasi permasalahan pemanasan global saat ini.

Oleh sebab itu demi mewujudkan hal tersebut, Idris mengharapkan kepada seluruh pihak terkait seperti salah satunya adalah para pengembang yang ada di wilayah kota Depok agar dapat ikut berpartisipasi dan turut serta dalam mewujudkan hal tersebut sehingga dapat tercipta lingkungan yang nyaman, indah dan terbebas dari ancaman banjir serta polusi udara. (Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: