Kasus Zaskia Gotik Menghina Pancasila Berbuntut Panjang

Kasus Zaskia Gotik Menghina Pancasila Berbuntut Panjang

HarianDepok.com – Berita , Zaskia Gotik tentunya tidak pernah menyangka jika apa yang ia ucapkan dalam nada candaan soal Pancasila akan berbuntut panjang. Pihak kepolisian bahkan merasa perlu menyaksikan kembali rekaman ucapan pedangdut itu pada program acara musik Dahsyat, sebagai bagian dari penyelidikan. Zaskia dituding sudah melakukan penghinaan terhadap Pancasila sebagai dasar negara, dengan menyebut bahwa lambang dari sila kelima adalah bebek nungging.

Selain itu, ia juga berkata proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah setelah adzan subuh pada 32 Agustus. Candaan itu rupanya membuat geram sebagian penonton karena pelantun ‘1 Jam Saja’ itu dianggap menghina simbol negara. Usai menyaksikan rekaman dari acara Dahsyat dimana Zaskia diduga melecehkan Pancasila, begini komentar dari Kombes Pol Krishna Murti.

“Kalau dari Zaskia Gotik, kami mempelajari dulu. Kami memutar rekaman nanti dari sana baru dirumuskan fakta apa ada unsur yang dilanggar,” ujarnya pada Jumat (18/03/2016). Penyelidikan itu dilakukan setelah ada surat perintah penyelidikan, jadi bukan sekedar gertakan semata. Pihak berwajib juga mengumpulkan bukti berupa rekaman, dan saksi-saksi untuk kasus ini.

“Tentu disertai alat bukti cukup. Nanti, kami menentukan jenis pelanggaran. Baru kemarin laporan langsung ke penyidik,” ungkapnya lagi. Zaskia Gotik bisa dijerat dengan Pasal 24 UU Nomor 24 tahun 2009 serta Pasal 158 KUHP tentang penghinaan terhadap lambang negara. Jika benar demikian maka ini adalah pelajaran berat buat penyanyi itu, dan juga untuk masyarakat luas.

[ EniGayoe/HD ]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok