Disnakersos Depok Antisipasi PHK di Wilayahnya

Disnakersos Depok Antisipasi PHK di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita , Maraknya wabah PHK di wilayah Indonesia disikapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok melakukan tindakan antisipasi guna mencegah wabah PHK tersebut menjalar ke wilayah kota Depok yang berdampak kepada penurunan perekonomian dan kesejahteraan kota.

Salah satu tindakan preventif dalam mencegah terjadinya PHK di kotanya tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan pembinaan kepada para buruh dengan harapan agar mereka memiliki kemampuan bernegosiasi lebih baik sehingga tindakan PHK yang biasa dilakukan oleh sejumlah perusahaan dapat terhindarkan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, bahwa upaya tersebut sengaja dilakukannya agar kegiatan PHK yang kerap melanda sejumlah perusahaan dapat ditekan dan diminimalisir dengan adanya negosiasi antara pihak pengelola perusahaan dengan buruh.

“Diharapkan dengan dijalankannya program responsif dan dialog ini dapat meningkatkan kemampuan para buruh dalam bernegosiasi, sehingga kegiatan PHK dapat terhindarkan. Kami juga turut mengajak serta Asosiasi Pengusaha dan Serikat Buruh dalam menindaklanjuti permasalahan ini,” tuturnya di Depok, Rabu (16/03/2016).

Dari pengakuannya, bahwa sejak awal 2016 kemarin sudah terjadi 19 kasus perselisihan yang melibatkan pihak perusahaan dengan para pekerjanya. Namun, 11 dari keseluruhan kasus tersebut berhasil terselesaikan dengan cara damai tanpa adanya pemutusan hubungan kerja oleh pihak perusahaan kepada tenaga kerjanya. Selebihnya kasusnya berakhir dengan Perjanjian Bersama yang dimana di dalam perjanjian tersebut tidak merugikan kedua belah pihak.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kota Depok, Inu Kertapati Harahap dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan, bahwa sampai dengan saat ini kota Depok diniliainya masih berada di dalam kategori aman dari ancaman wabah PHK masal yang sarat akan menurunnya tingkaran kesejahteraan masyarakat maupun kota.

“Ada beberapa perusahaan yang datang kepada kami untuk mengkonsultasikan beberapa permasalahan yang dihadapi mereka. Atas adanya arahan yang baik dan mendapatkan bimbingan yang tepat, syukur alhamdulillah permasalahannya dapat terselesaikan dengan baik tanpa harus melakukan kegiatan PHK untuk menyelesaikan permasalahannya,” jelasnya.

Meski demikian, ia pun berharap kepada sejumlah pihak terkait baik itu dari kalangan pemerintah maupun swasta dapat duduk bersama dan melakukan komunikasi terkait pemecahan permasalahan ini sehingga hal hal yang amat merugikan seperti PHK dapat terhindarkan dengan baik.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: