Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Caroline Herschel ke-266, Siapakah Dia?

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Caroline Herschel ke-266, Siapakah Dia?

HarianDepok.com – TechNews , Hari ini, Rabu (16/03/2016) mesin pencarian raksasa Google memperingati hari lahir Caroline Herschel ke-266 yang ditunjukkan dengan sebuah animasi menarik pada Doodle nya. Jika kita membuka halaman utama mesin pencari Google, kita akan melihat sesuatu yang berbeda, dimana ada sebuah animasi yang memperlihatkan seorang wanita tengah melihat teropong sedangkan di belakangnya banyak komet berjatuhan. Sosok wanita itu adalah Caroline Herschel. Lalu siapakah dia sehingga Google ikut memperingati hari ulang tahunnya ?

Caroline Herschel adalah seorang astronom asal Jerman yang juga merupakan adik dari astronom terkenal Sir Wiliam Herschel. Astronom Wanita ini lahir di kota Hanover Jerman pada 16 Maret 1750 dan merupakan anak ke delapan dan putri ke empat dari pasangan Ishak Herschel dan Anna Ilse Moritzen. Ketika sang kakak, Sir William Herschel tertarik pada dunia Astronomi, Caroline sangat mendukungnya. Sehingga akhirnya, Caroline sendiri juga tertarik pada dunia astronomi.

Sebagai seorang astronom wanita terkenal di dunia, Caroline Herschel berhasil menemukan beberapa komet. Salah satu diantaranya adalah komet 35P periodik / Herschel-Rigollet. Di mana komet tersebut juga menyandang nama keluarganya, Herschel. Selain itu, Caroline Herschel adalah astronom wanita pertama yang peran penting dan kontribusinya buat ilmu dan pengetahuan sudah dibayar.

Tidak hanya itu saja, Caroline juga pernah mendapat penghargaan Gold Medal dari Royal Astronomical Society pada tahun 1828, serta dinobatkan menjadi Anggota Kehormatan Royal Astronomical Society pada tahun 1835. Dengan kontribusinya pada dunia sains dan astronomi itu, sehingga wajar saja jika Google memperingati ulang tahun Caroline Herschel ke-266 pada Doodle-nya hari ini.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: