Ahok Minta Transportasi Online Harus Bayar Pajak

Ahok Minta Transportasi Online Harus Bayar Pajak

HarianDepok.com – Bisnis , Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok meminta pihak pemilik maupun pengelola layanan transportasi berbasis aplikasi dalam jaringan atau daring (online) agar memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak. “Sama seperti angkutan umum konvensional, layanan transportasi online yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta juga harus membayar pajak,” ungkap Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (15/03/2016). Menurutnya, setiap pengusaha angkutan di Jakarta diwajibkan untuk membayar sekitar 25 sampai 28 persen dari total pendapatannya setiap tahun.

Pajak tersebut seharusnya juga dibayarkan oleh transportasi aplikasi. Ia menuturkan, apabila pengelola layanan transportasi daring tersebut tidak membayar pajaknya, maka tentu saja tarif yang diberlakukan bisa lebih murah dibandingkan angkutan konvensional. “Transportasi online itu pasti lebih murah karena kan tidak harus bayar pajak, bayar asuransi dan lain-lain. Sementara angkutan umum konvensional dan taksi harus memenuhi kewajiban untuk membayar pajak tersebut,” ujar Ahok.

Oleh sebab itu, ia pun mengimbau agar pengelola layanan transportasi daring agar segera mendaftarkan diri ke Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta sehingga bisa bersaing secara sehat dengan angkutan konvensional. “Mungkin memang kedepannya pengelolaan transportasi, terutama taksi akan berubah, yaitu dengan memanfaatkan teknologi aplikasi. Tapi tetap saja harus bayar pajak. Semuanya harus bersaing secara sehat,” tutur Ahok.

Ia menambahkan,  layanan transportasi aplikasi, seperti Grab dan Uber bisa saja menggunakan plat hitam layaknya rental mobil. Tetapi, tetap harus terdaftar di Dishubtrans DKI Jakarta. “Harus ada keadilan. Boleh-boleh saja Grab atau Uber pakai plat hitam, jadi seperti semacam taksi sewa. Tapi, harus mendaftar sebagai pengusaha yang menyewakan taksi. Artinya, harus ada tanda atau logo khusus yang dipasang di mobilnya,” Pungkas Ahok.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok